Search for collections on Universitas YARSI Repository

APLIKASI PEMBELAJARAN ILMU BIOTEKNOLOGI MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BERBASIS ANDROID

Amelianti, Nanda Mulya (2022) APLIKASI PEMBELAJARAN ILMU BIOTEKNOLOGI MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BERBASIS ANDROID. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 4. HALAMAN PENGESAHAN.PDF]
Preview
Image
4. HALAMAN PENGESAHAN.PDF

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf]
Preview
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 5. BAB I.pdf]
Preview
Text
5. BAB I.pdf

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 7. BAB II.pdf] Text
7. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[thumbnail of 8. BAB III.pdf] Text
8. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[thumbnail of 9. BAB IV.pdf] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of 10. BAB V.pdf] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[thumbnail of 11. BAB VI.pdf] Text
11. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[thumbnail of 12. LAMPIRAN.pdf] Text
12. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)

Abstract

Bioteknologi merupakan salah satu subbab dari matapelajaran ilmu pengetahuan alam. Pada saat pembelajaran bioteknologi siswa diminta untuk mengetahui nama mikroorganisme yang digunakan pada saat fermentasi atau rekayasa genetika, dengan kondisi pandemic siswa untuk mendatangi sekolah sangat terbatas dan media pembelajaran hanya dari buku, power point, dan youtube. Dimasa pandemic ini siswa juga kesulitan untuk melihat bagaimana rupa dari mikroorganisme yang digunakan. Aplikasi Micro-AR yang berbasis Android ini mengggunakan teknologi Augmented Reality yang pembuatannya menggunakan software Unity, sedangkan dalam pembuatan Objek 3D menggunakan software Blender. Metodologi yang digunakan throw-away prototyping. Pengujian penelitian ini menggunakan metode System Usability Scale. Dari hasil pengujian yang didapatkan dari siswa yaitu 80,63 dari 100 yang dapat disimpulkan bahwa aplikasi Micro-AR bersifat acceptable dan jug amendapatkan grade B yang artinya good, dari gasil ini dapat disimpulkan bahwa aplikasi Micro-AR telah memenuhi apa yang harusnya dibutuhkan oleh pengguna dan dapat digunakan oleh siswa kelas 9 sekolah menengah pertama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-823-FTI
Uncontrolled Keywords: Micro-AR, Bioteknologi, System Usability Scale, Throw-away prototyping
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Nanda Amelianti
Date Deposited: 12 Dec 2023 07:25
Last Modified: 12 Dec 2023 07:25
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/11255

Actions (login required)

View Item View Item