Search for collections on Universitas YARSI Repository

HUBUNGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BAYI USIA 0-6 BULAN DI WILAYAH PUSKESMAS CIKUPA PANDEGLANG DAN TINJAUANNYA MENURUT PANDANGAN ISLAM

Alfira, Putri (2021) HUBUNGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BAYI USIA 0-6 BULAN DI WILAYAH PUSKESMAS CIKUPA PANDEGLANG DAN TINJAUANNYA MENURUT PANDANGAN ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB I.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (438kB) | Preview
[img] Text
8. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Angka kematian bayi dan neonatus mencerminkan tingkat pembangunan kesehatan dari suatu Negara serta kualitas hidup dari masyarakatnya. Angka Kematian Neonatal sebesar 14 per 1.000 kelahiran hidup, AKB sebesar 24 per 1.000 kelahiran hidup, dan AKABA sebesar 32 per 1.000 kelahiran hidup, tingginya angka kematian anak balita salah satunya disebabkan oleh penyakit diare. Penyakit diare saat ini masih merupakan masalah kesehatan di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Data Riset meyatakan bahwa kejadian dengan prevalensi tertinggi yaitu pada usia bayi <1 tahun diikuti prevalensi pemberian ASI Eksklusif masih sangat rendah di masyarakat. Data didpatkan proporsi pemberian ASI eksklusif pada bayi umur 0-5 bulan di Indonesia sebanyak 37,3%. Capaian tersebut masih dibawah target WHO yang menargetkan sebesar 50% untuk cakupan ASI Eksklusif bagi seluruh Negara Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan Rancangan Cross Sectional Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah bayi usia 0-6 bulan. yang berkunjung ke Puskesmas Cikupa Pandeglang dan ibu – ibu yang melakukan kunjungan ke Posyandu di wilayah Puskesmas Cikupa Pandeglang. Sampel diperoleh menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengambilan data diambil dengan wawacara tidak langsung menggunakan kuesioner berkaitan dengan pemberian ASI Eksklusif dan kejadian diare kepada responden. Analisis data menggunakan metode uji chi square. Hasil: Didapatkan frekuensi pemberian ASI Ekslusif cukup tinggi di wilayah tersebut dari 89 responden, 66 responden (74,2%) diantaranya mendapat ASI Eksklusif dengan kejadian diare terjadi terjadi pada 5 orang (7,6%) dan 61 responden (92,4%) lainnya tidak mengalami diare sedangkan 23 responden yang tidak mendapat ASI eksklusif, 17 responden (73,9%) mengalami diare dan 6 responden (26,1%) lainya tidak mengalami diare. Hasil uji statistik chi square didaptkan nilai P=0,000 (p<0,05). Simpulan: Adanya hubungan antara pemberian ASI eksklusif dengan rendahnya angka kejadian diare pada bayi usia 0-6 bulan di wilayah Puskesmas Cikupa Pandeglang tahun 2020. Sejalan dalam konteks kedokteran, Islam sangat menganjurkan seorang ibu untuk memberikan ASI kepada anaknya. Seorang ibu yang menerapkan anjuran islam untuk memberikan ASI Eksklsuif kepada bayinya, dapat menciptakan kondisi optimal bayi untuk dapat tumbuh dengan sehat dan kuat, ini merupakan bentuk menjaga amanat dan tanggung jawab kepada Allah SWT terhadap titipan –Nya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-6897-FK
Uncontrolled Keywords: ASI eksklusif, diare, bayi 0-6 bulan, anak dalam islam
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RJ Pediatrics
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 31 Mar 2023 07:31
Last Modified: 31 Mar 2023 07:31
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/11204

Actions (login required)

View Item View Item