Search for collections on Universitas YARSI Repository

PENGARUH DYSMENORRHEA TERHADAP PERUBAHAN SUASANA HATI PADA MAHASISWI KEDOKTERAN UNIVERSITAS YARSI ANGKATAN 2020 DAN TINJAUANNYA MENURUT PANDANGAN ISLAM

Trianti, Shintya Nabilla (2022) PENGARUH DYSMENORRHEA TERHADAP PERUBAHAN SUASANA HATI PADA MAHASISWI KEDOKTERAN UNIVERSITAS YARSI ANGKATAN 2020 DAN TINJAUANNYA MENURUT PANDANGAN ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
01. COVER.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. ABSTRAK.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. BAB I.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] Text
10. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
14. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)

Abstract

Latar Belakang: Dysmenorrhea didefinisikan sebagai adanya kram rahim yang menyakitkan terjadi selama menstruasi dan merupakan salah satu penyebab paling umum dari sakit perut dan gangguan menstruasi. Tidak semua wanita yang mengalami menstruasi merasa nyaman, hal ini disebabkan oleh gangguan umum seperti suasana hati, nyeri sendi dan nyeri perut yang disebut dysmenorrhea. Wanita dengan dysmenorrhea memerlukan pengetahuan mengenai pengaruh dari dysmenorrhea terhadap perubahan suasana hati. Belum diketahui pengaruh dysmenorrhea terhadap suasana hati pada Mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas YARSI Angkatan 2020. Tujuan Penelitian: Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari dysmenorrhea terhadap perubahan suasana hati pada Mahasiwi Kedokteran Universitas YARSI Angkatan 2020. Metode: Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional study. Sampel dalam penelitian adalah mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas YARSI angkatan 2020 sebanyak 120 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuesioner untuk mengukur nyeri dan perubahan suasana hati yaitu Numeric Rating Scale (NRS) dan Four Dimensions Mood Scale (FDMS). Analisis dilakukan secara univariat pada setiap variabel dan bivariat untuk melihat hubungan antar variabel. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas YARSI yang mengalami dysmenorrhea ringan, sedang, dan berat dengan perubahan suasana hati negatif secara berturut-turut yaitu 5 orang (10,4%), 5 orang (10,6%), dan 14 orang (56%). Dysmenorrhea ringan, sedang, dan berat dengan perubahan suasana hati relaxation secara berturut-turut yaitu 10 orang (20,8%), 31 orang (66%), dan 6 orang (24%). Dysmenorrhea ringan, sedang, dan berat dengan perubahan suasana hati positif secara berturut-turut yaitu 33 orang (68,8%), 1 orang (23,4%), dan 5 orang (20%). Hasil analisis Chi-Square menunjukkan adanya pengaruh antara kejadian dysmenorrhea dengan perubahan suasana hati. Kesimpulan: Terdapat pengaruh antara kejadian dysmenorrhea dengan perubahan suasana hati hati pada Mahasiwi Kedokteran Universitas YARSI Angkatan 2020.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-6827-FK
Uncontrolled Keywords: dysmenorrhea, menstruasi, perubahan suasana hati, mahasiswa kedokteran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Depositing User: Shintya Trianti
Date Deposited: 13 Mar 2023 02:08
Last Modified: 13 Mar 2023 02:22
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/11001

Actions (login required)

View Item View Item