Search for collections on Universitas YARSI Repository

BELAJAR ASYIK PEMROGRAMAN JAVA™ DENGAN GIM JAVA LEARN

Al Zakki, Akbar Zidan (2022) BELAJAR ASYIK PEMROGRAMAN JAVA™ DENGAN GIM JAVA LEARN. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text
12. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text
13. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text
15. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (958kB)
[img] Text
16. BAB 5--1402018067.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (962kB)

Abstract

Kurangnya motivasi dan antusiasme dalam belajar pemrograman Java™ merupakan salah satu faktor yang menyebabkan pelajar tidak lulus dalam mata kuliah pemrograman, termasuk dasar-dasar pemrograman. Minimnya motivasi tersebut dapat disebabkan oleh banyak dan beratnya tantangan yang dihadapi selama belajar, seperti memahami kode program, menghafal sintaks, dan memahami alur program. Pemanfaatan prinsip gamifikasi dapat membantu pelajar mengelola berbagai tantangan tersebut dengan lebih baik; hal inilah yang menjadi target pengembangan aplikasi “Java Learn” yang Penulis kembangkan. Java Learn menyediakan materi pembelajaran dan latihan teori dan praktik untuk larik, pengulangan, dan metode dengan memaksimalkan teknik gamifikasi difficult, achievement, dan point. Pengembangan aplikasi ini mengikuti metodologi Game Development Life Cycle dan selalu memperhatikan data yang valid serta materi dan perangkat yang legal sesuai dengan ketentuan dan syariat Islam. Hasil pengujian memperlihatkan bahwa 92% responden mahasiswa baru dan lama, berpendapat bahwa Java Learn meningkatkan motivasi dan antusiasme mereka dalam belajar pemrograman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-800-FTI
Uncontrolled Keywords: pemrograman, Java™, gamifikasi, gim edukasi, GDLC, Universitas YARSI
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Akbar Zakki
Date Deposited: 24 Nov 2023 06:57
Last Modified: 24 Nov 2023 06:57
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/10724

Actions (login required)

View Item View Item