Search for collections on Universitas YARSI Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELULUSAN OSCE KETERAMPILAN “PUNGSI VENA, PHLEBOTOMY, DAN PEMASANGAN INFUS ” MENURUT PERSEPSI MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS YARSI DAN TINJAUANNYA MENURUT PANDANGAN ISLAM

Haq, Mohammad Kasyful (2019) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELULUSAN OSCE KETERAMPILAN “PUNGSI VENA, PHLEBOTOMY, DAN PEMASANGAN INFUS ” MENURUT PERSEPSI MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS YARSI DAN TINJAUANNYA MENURUT PANDANGAN ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (55kB) | Preview
[img] Text
10. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text
14. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)

Abstract

lab) yang diuji secara objektif dan terstruktur. OSCE digunakan untuk mengevaluasi keterampilan klinik pada pendidikan kedokteran. Berdasarkan data hasil pelaksanaan OSCE pada tahun akademik 2017/2018, mahasiswa yang lulus langsung OSCE keterampilan “Pungsi Vena, Phlebotomy, dan Pemasangan Infus” sebanyak 47,52%, termasuk tingkat kelulusan yang rendah jika dibandingkan dengan keterampialan lainnya yang diujikan di OSCE semester semester III Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi. Erat kaitannya keterampilan “Pungsi Vena, Phlebotomy, dan Pemasangan Infus” dengan transfusi darah. Sebagai sesuatu hal yang tidak dikenal dalam kajian klasik Islam pembahasan tentang transfusi darah dapat ditemukan landasan fiqhnya dari zaman klasik. Tujuan: Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kelulusan OSCE keterampilan “Pungsi Vena, Phlebotomy, dan Pemasangan Infus” menurut perspektif mahasiswa Fakultas Kedokteran YARSI. Metode: Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif analitik secara cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas kedokteran YARSI angkatan 2016. Pemilihan sampel menggunakan total sampling. Dengan syarat memenuhi kriteria inklusi. Analisis data dengan menggunakan Chi-Square dilanjutkan uji regresi linier. Hasil: Hasil analisis uji statistik Chi-Square menunjukan terdapat hubungan antara kemampuan psikomotor, pengetahuan dan aplikasinya, dan keadaan emosional dengan kelulusan OSCE (P-value < 0,05). Hasil dari uji regresi berganda didapatkan faktor yang paling mempengaruhi hasil OSCE adalah Kemampuan Psikomotor (P-value=0,000). Simpulan : Terdapat hubungan antara kemapuan psikomotor, pengetahuan dan aplikasinya, dan keadaan emosional dengan hasil kelulusan OSCE. Faktor paling dominan yang berpengaruh terhadap kelulusan OSCE adalah kemampuan psikomotor. Proses belajar menurut konsep Islam adalah melatih, menggunakan, memfungsikan serta mengoptimalkan fungsi macam-macam alat indera yang telah dianugrahkan oleh Allah secara integral dalam berbagai aspek kehidupan sebagai manifestasi dari syukur kepada- Nya. Saran: Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas YARSI sebaiknya lebih mempersiapkan diri dalam menghadapi OSCE, dan harus berlatih berulang kali agar mendapat hasil yang memuaskan .

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-6646-FK
Uncontrolled Keywords: OSCE, Kemampuan psikomotor, Kelulusan OSCE
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2022 00:18
Last Modified: 27 Sep 2022 00:18
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/9847

Actions (login required)

View Item View Item