Attoriq, Qonita Azzahra (2022) FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBELAJARAN DARING MAHASISWA KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS YARSI ANGKATAN 2018–2021 SELAMA PANDEMI COVID-19. Diploma thesis, universitas YARSI.
|
Text
1. COVER.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
2. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK 1 DAN 2.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (476kB) | Preview |
|
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (417kB) | Preview |
|
Text
9. Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (661kB) |
||
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (378kB) |
||
Text
11. BAB IV .pdf Restricted to Registered users only Download (500kB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) |
||
Text
14. LAMPIRAN .pdf Restricted to Registered users only Download (909kB) |
Abstract
Latar belakang: Penyebaran virus telah menyebabkan penutupan universitas, penutupan perusahaan, dan larangan semua pertemuan publik karena pandemi COVID-19, sebagian besar universitas di dunia telah bergeser dari pengajaran tatap muka ke online pembelajaran menggunakan platform virtual untuk mencegah penyebaran virus. Karena itu, penting untuk mencari tahu apakah faktor teknologi, karakteristik pengajar, karakteristik mahasiswa mempengaruhi pembelajaran daring, karena pembelajaran daring adalah satu-satunya pilihan bagi mahasiswa untuk melanjutkan studi mereka selama pandemi dan bisa menjadi salah satu pilihan utama dalam pasca-pandemi. sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Al- Quran tentang menuntut ilmu dan terus belajar. Tujuan : tujuan penelitian ini mengetahui faktor yang mempengaruhi pembelajaran daring mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas YARSI angkatan 2018 – 2021 selama pandemi dan dalam perspektif Islam. Metode : metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode analitik yaitu cross-sectional dengan kriteria inklusi Hasil : diperoleh 158 orang responden pada penelitian ini, 26 orang diantaranya berjenis kelamin laki-laki, sedangkan 132 orang berjenis kelamin perempuan. Berdasarkan hasil analisa bivariat, yaitu uji Chi – Square , nilai Pearson Chi – Square teknologi adalah 0,006 < 0,05. Artinya, faktor- faktor pembelajaran daring dengan IPK Mahasiswa FKG memiliki hubungan yang signifikan. Sehingga semakin baik dan memadai teknologi,karakteristik pengajar, dan karakteristik mahasiswa, maka nilai IPK Mahasiswa FKG cenderung baik. Kesimpulan: Pembelajaran daring mempengaruhi nilai IPK Mahasiswa FKG Universitas YARSI angkatan 2018-2021. Pembelajaran daring di saat pandemi Covid-19 dalam perspektif Islam diperlukan adanya keterkaitan faktor teknologi, karakteristik pengajar, karakteristik mahasiswa untuk mencapai keberhasilan mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-297-KG |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran daring, Mahasiswa, IPK dan Hasil belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education R Medicine > RK Dentistry |
Depositing User: | QONITA ATTORIQ |
Date Deposited: | 14 Oct 2022 03:24 |
Last Modified: | 14 Oct 2022 03:24 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/9837 |
Actions (login required)
View Item |