Search for collections on Universitas YARSI Repository

FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBELAJARAN DARING MAHASISWA KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS YARSI ANGKATAN 2018–2021 SELAMA PANDEMI COVID-19

Attoriq, Qonita Azzahra (2022) FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBELAJARAN DARING MAHASISWA KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS YARSI ANGKATAN 2018–2021 SELAMA PANDEMI COVID-19. Diploma thesis, universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK 1 DAN 2.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (417kB) | Preview
[img] Text
9. Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text
11. BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (909kB)

Abstract

Latar belakang: Penyebaran virus telah menyebabkan penutupan universitas, penutupan perusahaan, dan larangan semua pertemuan publik karena pandemi COVID-19, sebagian besar universitas di dunia telah bergeser dari pengajaran tatap muka ke online pembelajaran menggunakan platform virtual untuk mencegah penyebaran virus. Karena itu, penting untuk mencari tahu apakah faktor teknologi, karakteristik pengajar, karakteristik mahasiswa mempengaruhi pembelajaran daring, karena pembelajaran daring adalah satu-satunya pilihan bagi mahasiswa untuk melanjutkan studi mereka selama pandemi dan bisa menjadi salah satu pilihan utama dalam pasca-pandemi. sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Al- Quran tentang menuntut ilmu dan terus belajar. Tujuan : tujuan penelitian ini mengetahui faktor yang mempengaruhi pembelajaran daring mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas YARSI angkatan 2018 – 2021 selama pandemi dan dalam perspektif Islam. Metode : metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode analitik yaitu cross-sectional dengan kriteria inklusi Hasil : diperoleh 158 orang responden pada penelitian ini, 26 orang diantaranya berjenis kelamin laki-laki, sedangkan 132 orang berjenis kelamin perempuan. Berdasarkan hasil analisa bivariat, yaitu uji Chi – Square , nilai Pearson Chi – Square teknologi adalah 0,006 < 0,05. Artinya, faktor- faktor pembelajaran daring dengan IPK Mahasiswa FKG memiliki hubungan yang signifikan. Sehingga semakin baik dan memadai teknologi,karakteristik pengajar, dan karakteristik mahasiswa, maka nilai IPK Mahasiswa FKG cenderung baik. Kesimpulan: Pembelajaran daring mempengaruhi nilai IPK Mahasiswa FKG Universitas YARSI angkatan 2018-2021. Pembelajaran daring di saat pandemi Covid-19 dalam perspektif Islam diperlukan adanya keterkaitan faktor teknologi, karakteristik pengajar, karakteristik mahasiswa untuk mencapai keberhasilan mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-297-KG
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran daring, Mahasiswa, IPK dan Hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
R Medicine > RK Dentistry
Depositing User: QONITA ATTORIQ
Date Deposited: 14 Oct 2022 03:24
Last Modified: 14 Oct 2022 03:24
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/9837

Actions (login required)

View Item View Item