Search for collections on Universitas YARSI Repository

HUBUNGAN ANTARA STUDENT ENGAGEMENT DENGAN RESILIENSI AKADEMIK PADA MAHASISWA TINGKAT AWAL SERTA TINJAUANNYA DALAM ISLAM

Annisania, Vira (2021) HUBUNGAN ANTARA STUDENT ENGAGEMENT DENGAN RESILIENSI AKADEMIK PADA MAHASISWA TINGKAT AWAL SERTA TINJAUANNYA DALAM ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img] Text
1. Halaman Judul - Vira Annisania.pdf

Download (11kB)
[img] Text
7. Abstrak - Vira Annisania.pdf

Download (37kB)
[img] Text
4. Lembar Pengesahan - Vira Annisania.pdf

Download (63kB)
[img] Text
13. Bab 1 - Vira Annisania.pdf

Download (228kB)
[img] Text
19. Daftar Pustaka - Vira Annisania.pdf

Download (129kB)
[img] Text
14. Bab 2 - Vira Annisania.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text
15. Bab 3 - Vira Annisania.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text
16. Bab 4 - Vira Annisania.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text
17. Bab 5 - Vira Annisania.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
18. Bab 6 - Vira Annisania.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] Text
20. Lampiran - Vira Annisania.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)

Abstract

Mahasiswa tingkat awal dituntut untuk memiliki resiliensi akademik yang tinggi untuk menghadapi berbagai macam tantangan akademik di perkuliahan. Salah satu karakteristik yang dapat menaikkan resiliensi akademik adalah student engagement. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara student engagement dengan resiliensi akademik pada mahasiswa tingkat awal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan partisipan dalam penelitian ini berjumlah 121 mahasiswa tingkat awal, rentang usia 18-21 tahun, berdomisili di Jabodetabek dengan pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Hasil penelitian menggunakan uji korelasi pearson product moment yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara student engagement dengan resiliensi akademik (r = .566**, p<0,01). Artinya, semakin tinggi student engagement, maka akan semakin tinggi resiliensi akademik pada mahasiswa tingkat awal. Implikasi pada penelitian ini dapat memberi informasi kepada mahasiswa tingkat awal terkait student engagement yang baik di kampus maupun di kelas. Adapun bagi pihak perguruan tinggi dapat memfasilitasi kegiatan belajar yang efektif untuk mengembangkan kemampuan resiliensi akademik pada mahasiswa tingkat awal untuk mencapai hasil belajar yang baik. Sejalan dengan pandangan Islam, akhlak yang baik dalam belajar dengan memiliki pandangan yang positif ketika menghadapi masalah akademik, maka mahasiswa tingkat awal dapat bangkit kembali dalam mengatasi permasalahan akademik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-370-PSI
Uncontrolled Keywords: Engagement, Resiliensi Akademik, Mahasiswa Tingkat Awal
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 08 Dec 2021 03:41
Last Modified: 08 Dec 2021 03:41
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/9188

Actions (login required)

View Item View Item