TASBIANSYAKH, ANWAL (2020) ANALISIS USABILITY APLIKASI EPERPUS MENGGUNAKAN METODE USE QUESTIONNAIRE SERTA TINJAUANNYA MENURUT AGAMA ISLAM (Studi Kasus Perpustakaan Kementerian Keuangan RI). Diploma thesis, Universitas YARSI.
|
Text
COVER.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (846kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (129kB) | Preview |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
||
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (601kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
||
Text
BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
||
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (623kB) |
Abstract
Aplikasi ePerpus adalah sebuah aplikasi mobile platform berbasis android dan iOS untuk layanan perpustakaan digital yang di miliki oleh Perpustakaan Kementerian Keuangan RI yang bekerjasama dengan Gramedia Digital Nusantara. Dalam penelitian ini akan diukur tingkat usability dan dianalisis hubungan antara variabel bebas, yaitu usefulness (kebergunaan), ease of use (kemudahan penggunaan), dan ease of learning (kemudahan dipelajari) terhadap variabel terikat yaitu satisfaction (kepuasaan) menggunakan uji regresi berganda. Hipoesis yang diajukan adalah, 1) Usefulness mempunyai pengaruh positif terhadap satisfaction; 2) Ease of use mempunyai pengaruh positif terhadap satisfaction; 3) Ease of learning mempunyai pengaruh positif terhadap satisfaction. Jenis penelitian ini adalah metode studi kasus dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian dalam tulisan penelitian ini adalah pegawai Kementerian Keuangan RI yang menggunakan aplikasi ePerpus. Sedangkan untuk objek penelitian ini adalah aplikasi ePerpus. Sampel akhir berjumlah 95 responden. Tempat penelitian dilakukan di Kementerian Keuangan RI. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, kuisioner dan wawancara. Hasil analisis menunjukan bahwa pengukuran usability aplikasi ePerpus menghasilkan persentase kelayakan sebesar 85,69% yang berarti usability aplikasi ePerpus memiliki nilai “Sangat Layak”. Namun demikian, terdapat hal yang bertolak belakang dengan analisis regresi berganda. Sebagian besar hipotesis yang ditawarkan pada penelitian ini ditolak. Namun, satu hipotesis yang diterima yaitu, Ease Of Learning mempunyai pengaruh positif terhadap Satisfaction. Sedangkan tinjauan dalam pandangan islam, aplikasi ePerpus bermanfaat bagi pengguna sehingga tidak terjadi pemborosan, sebagaimana ALLAT SWT telah menyebutkan dalam firman-Nya bahwa Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-234-IP |
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi ePerpus, Usability, USE Questionnaire, Usefulness, Ease Of Use, Ease Of Learning, Satisfaction |
Subjects: | L Education > L Education (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 02:38 |
Last Modified: | 02 Feb 2022 06:48 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/8784 |
Actions (login required)
View Item |