Search for collections on Universitas YARSI Repository

TINJAUAN YURIDIS PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN DALAM TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE MELALUI MEDIASI DI BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN PROVINSI DKI JAKARTA (Studi Kasus Penetapan Nomor: 004/PNTP/BPSKI-DKI/I/2018)

SETIAWAN, REYNALDI (2020) TINJAUAN YURIDIS PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN DALAM TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE MELALUI MEDIASI DI BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN PROVINSI DKI JAKARTA (Studi Kasus Penetapan Nomor: 004/PNTP/BPSKI-DKI/I/2018). Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (110kB)
[img] Text
05. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (489kB)
[img] Text
08. ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (290kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB)
[img]
Preview
Text
03. LEMBAR ORISIONALITAS.pdf

Download (530kB) | Preview

Abstract

Badan peyelesaian sengketa konsumen atau disebut dengan BPSK merupakan suatu badan yang bertugas menangani dan menyelesaikan sengketa antara konsumen dan pelaku usaha di luar pengadilan. Dengan menggunakan metode penelitian normatif/kepustakaan, dengan pendekatan konseptual dan perundang-undangan serta kasus, maka hasil dari penelitian ini adalah pertama, bagi konsumen yang merasa hak-haknya telah dirugikan dapat mengajukan permohonan penyelesaian sengketa ke Sekretariat BPSK terdekat. Dalam persidangan mediasi Majelis berperan aktif sebagai mediator untuk mendamaikan konsumen dengan pelaku usaha dengan memberikan nasehat petunjuk, saran, dan upaya-upaya lain dalam menyelesaikan sengketa. Kedua, sebagai tanggungjawab atau itikad baik dari BUKALAPAK.COM selaku penyedia layanan jual beli online, bersedia mengembalikan seluruh uang yang telah konsumen kirimkan ke pelaku usaha secara transfer ke Buka Dompet milik konsumen setelah konsumen membuat akun di BUKALAPAK.COM. Ketiga, menurut pandangan Islam jual beli online hukumnya mubah sedangkan akadnya menggunakan akad salam. Apabila terjadi sengketa dapat diselesaikan dengan cara sulh dan BPSK yang wewenangnya seperti lembaga Al-Hisbah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-615-FH
Uncontrolled Keywords: BPSK, Penyelesaian Sengketa
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2021 02:38
Last Modified: 14 Apr 2022 06:33
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/8770

Actions (login required)

View Item View Item