Search for collections on Universitas YARSI Repository

HAK KONSUMEN PENGGUNA JASA LAYANAN BUS TRANSJAKARTA MENURUT UU NO.8 TAHUN 1999 tentang PERLINDUNGAN KONSUMEN Studi pada Koridor 10 Tanjung Priuk-Cililitan

Putra, Adi Permana (2016) HAK KONSUMEN PENGGUNA JASA LAYANAN BUS TRANSJAKARTA MENURUT UU NO.8 TAHUN 1999 tentang PERLINDUNGAN KONSUMEN Studi pada Koridor 10 Tanjung Priuk-Cililitan. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[thumbnail of 01.COVER.pdf] Text
01.COVER.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 05.HALAMAN PENGESAHAN.pdf] Text
05.HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of 03.PERNYATAAN ORISINALITAS SKRIPSI.pdf] Text
03.PERNYATAAN ORISINALITAS SKRIPSI.pdf

Download (356kB)
[thumbnail of 08.ABSTRAK.pdf] Text
08.ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 10.BAB I.pdf] Text
10.BAB I.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 15.DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
15.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 11.BAB II.pdf] Text
11.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[thumbnail of 12.BAB III.pdf] Text
12.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[thumbnail of 13.BAB IV.pdf] Text
13.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[thumbnail of 14.BAB V.pdf] Text
14.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)

Abstract

Kemacetan merupakan masalah utama yang sulit untuk di atasi di Ibukota seperti Jakarta. Oleh karena itu pemerintah menyediakan jasa layanan angkutan umum yang terjangkau untuk semua lapisan masyarakat. Pada 15 Januari 2004 merupakan awal beroperasinya Transjakarta di Jakarta, dengan visi yang menawarkan sarana transportasi yang cepat, aman, nyaman, manusawi, efisien, berbudaya, dan bertaraf internasional. Tetapi dalam prakteknya masih banyak konsumen yang tidak mendapatkan hak-haknya sebagaimana yang dijanjikan. Maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah saat ini Transjakarta sudah memenuhi hak-hak konsumen sesuai dengan UU No.8 Tahun 1999 dan upaya yang dapat dilakukan jika konsumen dirugikan oleh Transjakarta. Metode yang digunakan adalah empiris dengan menggunakan data primer yang didukung oleh data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara oleh pihak Transjakarta dan pengisian kuisioner oleh konsumen di lapangan dengan jumlah sampel 50 orang. Hasil penelitian didapatkan konsumen saat menggunakan jasa layanan Transjakarta yang tidak merasa aman (2 responden atau 4%), kurang merasa aman (14 responden atau 28%) merasa aman (34 responden atau 68%). Simpulan dari penelitian ini menunjukkan sebagian besar konsumen merasa aman dan nyaman saat menggunakan jasa layanan Transjakarta dan Transjakarta pada koridor 10 sudah memenuhi hak-hak konsumen sesuai Pasal 4 UU No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-424-FH
Uncontrolled Keywords: angkutan umum, transjakarta, perlindungan konsumen, UU No.8 tahun 1999.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2021 02:32
Last Modified: 17 Sep 2024 15:38
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/6761

Actions (login required)

View Item View Item