Search for collections on Universitas YARSI Repository

Hubungan antara Gaya Belajar dengan Motivasi Berprestasi pada Siswa Sekolah Alam serta Tinjauannya dalam Islam

Dewi, Alfi Karunia (2018) Hubungan antara Gaya Belajar dengan Motivasi Berprestasi pada Siswa Sekolah Alam serta Tinjauannya dalam Islam. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (88kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (313kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (208kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)

Abstract

Sekolah alam merupakan salah satu sekolah di Indonesia yang memiliki perbedaan kurikulum dan metode belajar yaitu 40% teori dan 60% praktik. Dalam pelaksanaannya terdapat kegiatan pengembangan potensi, minat, dan bakat serta kegiatan pelajaran yang mengandung muatan “kurikulum nasional”. Pada kegiatan pengembangan potensi, minat, dan bakat, siswa menunjukkan antusiasme yang lebih besar. Akan tetapi pada kegiatan pelajaran yang mengandung kurikulum nasional, siswa menunjukkan perilaku tidak semangat dan menghindar dari kegiatan. Oleh karena itu peneliti bermaksud untuk mengetahui hubungan gaya belajar dengan motivasi berprestasi pada siswa sekolah alam dan tinjauannya dalam Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan motivasi berprestasi pada siswa sekolah alam serta tinjauannya dalam Islam. Partisipan dalam penelitian berjumlah 116 siswa sekolah alam di wilayah Jabodetabek. Penelitian ini menggunakan alat ukur Achievement Motives Scale dan Grasha-Riechmann Student Learning Style Scales. Hasil dari penelitian ditemukan terdapat hubungan antara hope of success dengan mandiri (r) 0.212 (ρ = 0.022 < 0.05), kolaboratif (r) 0.243 (ρ = 0.009 < 0.05), kompetitif (r) 0.319 (ρ = 0.000 < 0.05), dan partisipatif (r) 0.291 (ρ = 0.002 < 0.05). Selanjutnya, terdapat hubungan antara fear of failure dengan menghindar (r) 0.196 (ρ = 0.035 < 0.05) dan partisipatif (r) - 0.207 (ρ = 0.026 < 0.05). Menurut Islam, sikap muslim diperintahkan untuk membaca, tidak pernah berhenti membaca dan menuntut ilmu, banyak membaca dapat menimbulkan motivasi berprestasi. Anjuran motivasi berprestasi dalam Islam, sebagaimana Allah SWT berfirman dalam surat Al-Insyiroh ayat 7-8 : “Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain, dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.”

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-249-PSI
Uncontrolled Keywords: Motivasi Berprestasi, Gaya Belajar, Sekolah Alam, Tinjauan Dalam Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2021 02:31
Last Modified: 04 Jan 2022 04:11
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/6361

Actions (login required)

View Item View Item