Ramadhani, Ghufira Sari (2018) PERAN STRES AKADEMIK TERHADAP HEALTH-RELATED QUALITY OF LIFE (HRQoL) PADA PELAJAR SMA YANG BERMAIN ONLINE GAME SERTA TINJAUANNYA DALAM ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.
Text
1. COVER.pdf Download (99kB) |
||
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (833kB) |
||
|
Text
2. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (227kB) | Preview |
|
Text
9. ABSTRAK.pdf Download (379kB) |
||
Text
BAB 1.pdf Download (212kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (272kB) |
||
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) |
||
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (536kB) |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (575kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) |
||
Text
BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (819kB) |
Abstract
Peningkatan jumlah pelajar SMA yang bermain online game tiap tahunnya yang sebesar 5-10%, mengarah pada asumsi bahwa perilaku bermain online game merupakan salah satu bentuk dari coping pelajar terhadap kondisi menekan dalam hidupnya salah satunya adalah stres akademik. Stres akademik dapat berdampak pada beberapa dimensi yang ada dalam HRQoL, seperti permasalahan yang berkaitan dengan fisik, psikologis dan khususnya berkaitan pula dengan kegiatan sekolah. Akan tetapi belum terdapat penelitian yang mengukur terkait stres akademik dengan seluruh dimensi HRQoL terutama pada pelajar SMA yang bermain online game. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar peran stres akademik terhadap dimensi-dimensi HRQol pada pelajar SMA yang bermain online game serta dalam pandangan Islam. Sampel penelitian ini adalah 100 pelajar SMA yang berusia 15 – 17 tahun, bersekolah di wilayah DKI Jakarta, bermain online game dan alasan bermain karena mengalami tekanan (stres) akademik dengan menggunakan metode purposive sampling. Alat ukur yang digunakan yaitu Educational Stress Scale for Adolescent (ESSA) untuk mengukur stres akademik dan KIDSCREEN – 27 untuk mengukur HRQoL. Berdasarkan uji regresi, didapatkan hasil bahwa stres akademik berperan secara signifikan menurunkan HRQoL pada dimensi physical well-being dan stres akademik berperan secara signifikan meningkatkan dimensi psychological well-being pada pelajar SMA yang bermain online game. Berdasarkan Al-Qur’an dan hadist, disimpulkan bahwa stres akademik tidak berperan terhadap HRQoL pada pelajar SMA yang bermain online game. Dalam hal ini, Allah SWT sangat menganjurkan setiap umat muslim untuk senantiasa mampu mengelola stres dengan baik, agar dapat terhindar dari berbagai macam hambatan kesehatan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-290-PSI |
Uncontrolled Keywords: | Pelajar SMA; Online Game; Stres Akademik; Health-Related Quality of Life (HRQoL). |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine T Technology > T Technology (General) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 02:31 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 09:08 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/6320 |
Actions (login required)
View Item |