Abdu, Umar Rachmat Putra (2019) Peran Stres Akademik terhadap College Student Subjective Well-being (CSSWB) pada Mahasiswa Tahun Pertama serta Tinjauannya dalam Islam. Diploma thesis, Universitas YARSI.
|
Text
1. COVER.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRAK.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB I.pdf Download (693kB) | Preview |
|
|
Text
17. Daftar Pustaka.pdf Download (326kB) | Preview |
|
Text
12. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) |
||
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) |
||
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
||
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (876kB) |
||
Text
16. BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
Abstract
Mahasiswa tahun pertama yang baru menduduki bangku perkuliahan harus menghadapi tuntutan-tuntutan yang memberikan tekanan-tekanan sehingga menyebabkan mahasiswa mengalami stres akademik. Stres akademik diketahui sebagai tekanan yang muncul karena berbagai aspek akademik yang berdampak pada kesejahteraan mahasiswa tersebut. Beberapa penelitian sebelumnya menunjukan bahwa terdapat hubungan dan peran stres akademik terhadap kesejahteraan subjektif pada mahasiswa khususnya di tahun pertama. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan untuk menguji peran stres akademik terhadap college student subjective well-being (CSSWB) pada mahasiswa tahun pertama. 123 partisipan penelitian merupakan mahasiswa semester dua yang sedang melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Sampling insidental digunakan sebagai teknik pengambilan sampel. Alat ukur Educational Stress Scale for Adolecent (ESSA) untuk mengukur stres akademik dan alat ukur College Student Subjective Wellbeing Questionnaire (CSSWQ) untuk mengukur kesejahterana subjektif mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peran yang signifikan stres akademik terhadap college student subjective well-being. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu rujukan untuk membantu mahasiswa di tahun pertama meningkatkan kesejahteraan subjektif meskipun sedang menghadapi stres akademik sehingga mahasiswa di tahun pertama tetap bisa mendapatkan pencapaian akademik yang baik. Dalam perspektif Islam stres akademik yang merupakan cobaan berperan terhadap kesejahteraan subjektif mahasiswa tahun pertama karena cobaan yang Allah SWT berikan kepada setiap hambaNya merupakan tanda cinta Allah agar hambaNya dapat menjadi lebih baik. Kata Kunci: Mahasiswa, Stres Akademik, Kesejahteraan Subjektf
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-324-PSI |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 02:31 |
Last Modified: | 24 Jun 2021 06:23 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/6286 |
Actions (login required)
View Item |