Pratiwi, Agitarini (2019) Hubungan Antara Penyesuaian Diri Dengan Stres Akademik Pada Siswa Tahun Pertama Pondok Pesantren Serta Tinjauannya Dalam Islam. Diploma thesis, Universitas YARSI.
|
Text
1.COVER.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
4.LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRAK.pdf Download (372kB) | Preview |
|
|
Text
11.BAB 1.pdf Download (477kB) | Preview |
|
|
Text
17.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (416kB) | Preview |
|
Text
12.BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
||
Text
13.BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) |
||
Text
14.BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) |
||
Text
15.BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (637kB) |
||
Text
16. BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
Abstract
Siswa yang tinggal di pondok pesantren lebih rentan mengalami stres akademik, karena harus mempelajari pelajaran formal dan pelajaran non-formal. Selain itu, siswa pondok pesantren juga perlu melakukan adaptasi dengan lingkungan pondok pesantren tanpa kehadiran orangtua atau keluarga. Hal tersebut juga dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya stres akademik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat hubungan antara penyesuaian diri dengan stres akademik pada siswa tahun pertama pondok pesantren serta tinjauannya dalam Islam. Responden dalam penelitian ini berjumlah 150 siswa tahun pertama pondok pesantren, dengan teknik pengambilan sampel Accidental Sampling. Hasilnya terdapat hubungan yang signifikan pada dimensi Personal Emotional Adjustment dan Academic Adjustment dengan stres akademik Sig. (p > 0,05). Akan tetapi tidak terdapat hubungan yang signifikan antara dimensi Institutional Attachment dan Social Adjustment dengan stres akademik Sig. (p ˂ 0,05). Dalam Islam hubungan antara stres akademik dengan penyesuaian diri tergantung kepada kemampuan yang dimiliki siswa dalam menjalankan kehidupannya. Bagi individu yang mempunyai kemampuan atau pengetahuan agama yang baik maka siswa tidak akan mengalami stres karena mereka akan menghadapi persoalan hidup dengan sabar dan segera mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sebaliknya, siswa yang kurang memiliki kemampuan dan pengetahuan agama maka ia hanya bisa mengeluh. Kata kunci : penyesuaian diri, stres akademik, pondok pesantren
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-328-PSI |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 02:31 |
Last Modified: | 24 Jun 2021 06:37 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/6281 |
Actions (login required)
View Item |