Search for collections on Universitas YARSI Repository

PERSEPSI DAN HARAPAN SISWA TERHADAP LAYANAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI PENUNJANG KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR : STUDI KASUS DI SMKN 16 JAKARTA PUSAT DENGAN METODE E-LIBQUAL+™ DAN PANDANGANNYA MENURUT ISLAM

Nugraha, Ignatius Nendra Aditya (2016) PERSEPSI DAN HARAPAN SISWA TERHADAP LAYANAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI PENUNJANG KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR : STUDI KASUS DI SMKN 16 JAKARTA PUSAT DENGAN METODE E-LIBQUAL+™ DAN PANDANGANNYA MENURUT ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[thumbnail of 1. COVER SKRIPSI.pdf] Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of 9. Halaman Pengesahan.pdf] Text
9. Halaman Pengesahan.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of 3. Pernyataan Orsinilitas.pdf] Text
3. Pernyataan Orsinilitas.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 2. abstrak.pdf] Text
2. abstrak.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 11. BAB 1--1502011017.pdf] Text
11. BAB 1--1502011017.pdf

Download (338kB)
[thumbnail of 16. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of 12. Bab 2--1502011017.pdf] Text
12. Bab 2--1502011017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[thumbnail of 13. Bab 3--1502011017.pdf] Text
13. Bab 3--1502011017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[thumbnail of 14. Bab 4--1502011017.pdf] Text
14. Bab 4--1502011017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[thumbnail of 15. Bab 5--1502011017.pdf] Text
15. Bab 5--1502011017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[thumbnail of 6. Lampiran--1502011017.pdf] Text
6. Lampiran--1502011017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perpustakaan sebagai lembaga penyedia ilmu pengetahuan dan informasi mempunyai peranan yang signifikan terhadap masyarakat penggunanya. Namun demikian pelayanan perpustakaan tersebut harus dilakukan evaluasi. Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pustakawan di perpustakaan SMKN 16 Jakarta Pusat.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah LibQual+TM yaitu suatu metode untuk mengukur kualitas layanan perpustakaan berdasarkan empat dimensi yaitu Affect of Service (kemampuan dan sikap pustakawan dalam melayani pengguna), Library as Place (perpustakaan sebagai sebuah tempat), Personal Control (petunjuk dan sarana akses) dan Information Access (akses informasi). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, dan wawancara dengan responden siswa-siswi SMKN 16 Jakarta Pusat yang menjadi anggota perpustakaan sebanyak 68 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kualitas pelayanan perpustakaan sekolah SMKN 16 Jakarta Pusat sudah memuaskan pemustaka. Hal ini ditunjukkan berdasarkan hasil skor perhitungan rata-rata Adequacy Gap (tingkat kepuasan pengguna) menunjukan hasil positif yaitu 0.33. Tinjauan bahwa pada pelayanan telah berjalan sesuai rencana, namun dalam pelayanan perpustakaan sekolah SMKN 16 Jakarta Pusat masih terdapat kekurangan yang perlu diperbaiki dari kinerja petugas perpustakaan untuk bekerja secara profesional. Allah sangat mencintai umatnya yang melakukan pekerjaannya dengan penuh tanggung jawab dan profesional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-175-IP
Uncontrolled Keywords: perpustakaan sekolah, layanan dan kepuasan pengguna, LibQual+™
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NA Architecture
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2021 02:29
Last Modified: 07 Aug 2024 13:49
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/5785

Actions (login required)

View Item View Item