Tanjung, Nury Nur Melati (2025) ANALISIS EFEKTIVITAS STRATEGI KOMUNIKASI DEPARTEMEN HUMAS DAN PEMASARAN PADA KUNJUNGAN PASIEN MEDICAL CHECK UP RUMAH SAKIT YARSI JAKARTA. Masters thesis, Universitas YARSI.
|
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (202kB) |
|
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (70kB) |
|
|
Text
5. HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (73kB) |
|
|
Text
8. ABSTRAK.pdf Download (259kB) |
|
|
Text
10. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
|
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (552kB) |
|
|
Text
12. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) |
|
|
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) |
|
|
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
|
|
Text
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (789kB) |
Abstract
Latar Belakang: Layanan Medical check-up (MCU) merupakan salah satu upaya preventif dalam mendeteksi dini kondisi kesehatan masyarakat. RS YARSI sebagai institusi pelayanan kesehatan telah mengembangkan layanan MCU secara berkelanjutan, namun tantangan terkait peningkatan kunjungan pasien masih ditemukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas implementasi strategi komunikasi departemen humas dan pemasaran RS YARSI pada pasien Medical check-up di RS YARSI Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods. Data kuantitatif diperoleh melalui kuesioner terhadap 87 responden pasien MCU dan dianalisis menggunakan uji korelasi dan regresi. Data kualitatif diperoleh melalui wawancara mendalam dengan pihak manajemen, staf MCU, dan mitra korporat, serta dianalisis menggunakan perangkat NVivo. Hasil: Hasil kuantitatif menunjukkan bahwa sebagian besar responden memiliki tingkat kesadaran (83,9%) dan kepuasan (87,4%) yang baik. Kemitraan layanan berada dalam kategori cukup (50% baik, 16,7% kurang), sedangkan kunjungan pasien berada pada kategori cukup (63,2%), dengan 20,7% masih tergolong rendah. Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat kesadaran (p=0,039), kepuasan (p=0,038), dan kemitraan (p=0,004) dengan peningkatan kunjungan. Hasil multivariat menunjukkan bahwa variabel kepuasan pasien memiliki pengaruh paling dominan terhadap peningkatan kunjungan, dengan nilai Partial eta squared sebesar 0,697 dan signifikansi Pillai’s Trace = 0,017. Kesimpulan: Tingkat kesadaran, kepuasan, dan strategi kemitraan berkontribusi signifikan terhadap peningkatan kunjungan layanan Medical check-up di RS YARSI. Penguatan strategi promosi, evaluasi kualitas layanan, serta pengembangan kemitraan korporat menjadi faktor kunci dalam optimalisasi layanan MCU ke depan.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | T-4-MARS |
| Uncontrolled Keywords: | kesadaran, kepuasan, kemitraan, kunjungan, MCU, RS YARSI |
| Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management H Social Sciences > HE Transportation and Communications R Medicine > R Medicine (General) |
| Depositing User: | Mr. Administrator System Admin |
| Date Deposited: | 09 Oct 2025 03:00 |
| Last Modified: | 09 Oct 2025 03:00 |
| URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/14693 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
