Search for collections on Universitas YARSI Repository

PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN YANG DI MEDIASI OLEH KEPUTUSAN PEMBELIAN SERTA TINJAUAN DALAM PRESPEKTIF ISLAM (Studi Pada Pengguna Produk Skintific 5X Ceramide Barrier Repair Moisturizer Gel di Daerah Khusus Jakarta)

Majid, Muhammad Zaidan (2024) PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN YANG DI MEDIASI OLEH KEPUTUSAN PEMBELIAN SERTA TINJAUAN DALAM PRESPEKTIF ISLAM (Studi Pada Pengguna Produk Skintific 5X Ceramide Barrier Repair Moisturizer Gel di Daerah Khusus Jakarta). Diploma thesis, Universitas YARSI.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (16kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
2. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4. LEMBAR PENGESAHAN SIDANG.pdf] Text
4. LEMBAR PENGESAHAN SIDANG.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 5.ABSTRAK.pdf] Text
5.ABSTRAK.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 11. BAB I.pdf] Text
11. BAB I.pdf

Download (890kB)
[thumbnail of 17. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (467kB)
[thumbnail of 12. BAB II.pdf] Text
12. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB)
[thumbnail of 13. BAB III.pdf] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[thumbnail of 14. BAB IV.pdf] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB)
[thumbnail of 15. BAB V.pdf] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB)
[thumbnail of 16. BAB VI.pdf] Text
16. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[thumbnail of 18. LAMPIRAN.pdf] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh electronic word of mouth dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen yang dimediasi oleh keputusan pembelian. Populasi penelitian ini adalah konsumen produk Skintific 5X Ceramide Barrier Repair Moisture Gel di Daerah Khusus Jakarta dengan jumlah sampel 117 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner terhadap responden. Analisis data menggunakan metode Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa electronic word of mouth dan kualitas produk dapat dijadikan model yang mempengaruhi kepuasan konsumen yang dimediasi oleh keputusan pembelian. Electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kemudian, electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Selain itu, keputusan pembelian berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Selanjutnya, keputusan pembelian dapat memediasi electronic word of mouth terhadap kepuasan konsumen. Sama halnya juga keputusan pembelian dapat memediasi kualitas produk terhadap kepuasan konsumen. Begitupun juga dengan tinjauan di dalam prespektif Islam, dalam berinteraksi pada proses jual beli harus mematuhi prinsip-prinsip ekonomi Islam dalam hal opini, penetapan keputusan, pemilihan produk yang sesuai, dan tingkat kepuasan yang baik, yaitu harus didasarkan dengan cara yang jujur, adil, suka sama suka, amanah, dan tidak berlebihan dan sesuai dengan syariat Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-411-MNJ
Uncontrolled Keywords: Electronic Word of Mouth, Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen, Keputusan Pembelian.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HF Commerce
T Technology > T Technology (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Depositing User: Muhammad Majid
Date Deposited: 15 Apr 2025 04:52
Last Modified: 15 Apr 2025 04:52
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/14081

Actions (login required)

View Item View Item