Hermawan, Heru (2023) PEMBANGUNAN APLIKASI PEMASARAN IKAN HIAS BUMDES CISEENG BOGOR BERBASIS WEBSITE. Diploma thesis, Universitas YARSI.
![]() |
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (44kB) |
![]() |
Text
4. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text
3. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
9. BAB I.pdf Download (222kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA 1402018034.pdf Download (74kB) |
![]() |
Text
10. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
![]() |
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) |
![]() |
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
![]() |
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (8kB) |
Abstract
Desa Ciseeng memiliki potensi terbesar di sektor perikanan, dengan ikan hias dan air tawar. Desa Ciseeng banyak terdapat pembudidaya ikan, hal ini terlihat dari banyaknya kolam ikan di pekarangan warga yang menjadi bukti kesungguhan warga dalam menjalankan usaha dibidang perikanan. Dikarenakan proses pemasaran yang dilakukan selama ini hanya terbatas di wilayah kabupaten Bogor. Dalam rangka membantu meningkatkan kualitas pemasaran ikan hias khususnya di Bumdes Ciseeng Bogor. Oleh karena itu dibuatlah aplikasi Website yang dapat membantu proses kegiatan pemasaran khususnya untuk para petani yang ada di Desa Ciseeng dalam melakukan promosi hasil perikanan. Pembangunan aplikasi ini menggunakan metode SDLC (Software Development Life Circle) model fountain. Pada tahap implementasi pembuatan aplikasi menggunakan framework Laravel dengan bahasa pemrograman PHP. Pada tahap pengujian fungsionalitas menggunakan metode Black Box Testing dengan hasil semua fitur pada aplikasi sudah berjalan sesuai kebutuhan pengguna dan juga dilakukan pengujian sistem (Usability Testing) kepada pengguna menggunakan metode Use Questionnaire, Metode ini terdiri dari 4 parameter yaitu Ease of Use, Ease of Learning, Usefulness, Satisfaction dan mendapatkan nilai presentase kelayakan sebesar 83.19% yang termasuk dalam klasifikasi sangat layak. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi sebuah media promosi pemasaran ikan hias berbasis website yang juga bisa diakses menggunakan smartphone yang dapat dimanfaatkan oleh Bumdes dan para petani.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-893-FTI |
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran, Fountain, Framework, Black Box Testing, Usability Testing, Bumdes Ciseeng Bogor. |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software T Technology > T Technology (General) |
Depositing User: | HERU HERMAWAN |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 05:47 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 05:47 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/13496 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |