Search for collections on Universitas YARSI Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI EMPATI PADA MAHASISWA TAHAP AKADEMIK DAN PROFESI DI FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS YARSI

Sari, Angelia Pratiwi Yulina (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI EMPATI PADA MAHASISWA TAHAP AKADEMIK DAN PROFESI DI FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS YARSI. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (488kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN ANGELIA PRATIWI 1112017003.pdf

Download (54kB)
[img] Text
HALAMAN ORISINALITAS ANGELIA PRATIWI 1112017003.pdf

Download (33kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (805kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (495kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (919kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Komunikasi efektif merupakan salah satu kompetensi penting yang harus dikuasai oleh mahasiswa kedokteran gigi sebagai calon dokter gigi yang akan berinteraksi dengan pasien. Kemampuan empati yang tinggi dibutuhkan dalam membangun sebuah komunikasi efektif, sehingga empati menjadi hal yang perlu diajarkan pada mahasiswa Kedokteran Gigi tahap akademik maupun profesi. Kemampuan empati diharapkan dapat menunjang pembelajaran dalam rangka meningkatkan taraf pelayanan kesehatan yang lebih baik.Tujuan: Tujuan dari penelitian ini untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang memengaruhi pembelajaran empati pada mahasiswa tahap akademik dan profesi FKG Universitas YARSI serta pandangan Islam mengenai empati.Metode: Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan desain fenomenologi. Data diperoleh dari mahasiswa tahap akademik dan profesi FKG Universitas YARSI dengan menggunakan metode Focus Group Discussion (FGD). FGD dilakukan sebanyak 2 kali pada masing�masing mahasiswa tahap akademik dan profesi. Setiap pelaksanaan FGD diikuti oleh 8-9 peserta dengan total mahasiswa yang mengikuti FGD 32 peserta. Data yang telah diperoleh ditranskrip lalu dilakukan analisis.Hasil: Faktor yang memengaruhi pembelajaran empati pada mahasiswa tahap akademik adalah faktor diri sendiri (semangat), faktor pembelajaran (pembelajaran kelompok dan tekanan belajar) dan faktor lingkungan sekitar (hubungan interpersonal dan stres). Faktor yang memengaruhi pembelajaran empati pada mahasiswa tahap profesi adalah faktor diri sendiri (stres), faktor pasien (sikap pasien, sosioekonomi pasien, keragaman dan tingkat keparahan penyakit pasien serta pembayaran perawatan pasien) dan faktor lingkungan sekitar (pengaruh orang lain dan lingkungan kerja).Kesimpulan: Pembelajaran empati pada mahasiswa tahap akademik dan profesi dipengaruhi oleh beberapa faktor yang dapat menunjang maupun menghambat proses pembelajaran. Dalam sudut pandang Islam berempati kepada sesama manusia sangat dianjurkan dalam Al-Quran maupun Al-Hadis. Sebagai mahasiswa kedokteran gigi sikap empati sangat dibutuhkan agar dapat memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut masyarakat yang lebih baik serta penuh dengan keikhlasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-230-KG
Uncontrolled Keywords: Empati, Mahasiswa tahap akademik, Mahasiswa tahap profesi, Fakultas Kedokteran Gigi.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
R Medicine > RK Dentistry
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 05 Mar 2024 12:30
Last Modified: 05 Mar 2024 12:30
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/13000

Actions (login required)

View Item View Item