Search for collections on Universitas YARSI Repository

TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA TIKTOK LIVE SHOPPING TERHADAP KONSUMEN TERKAIT PENJUALAN TAS BERMEREK TIRUAN DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

Fazriah, Nadya Febrianti (2024) TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA TIKTOK LIVE SHOPPING TERHADAP KONSUMEN TERKAIT PENJUALAN TAS BERMEREK TIRUAN DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[thumbnail of HALAMAN SAMPUL.pdf]
Preview
Text
HALAMAN SAMPUL.pdf

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN TIM PENGUJI SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN TIM PENGUJI SKRIPSI.pdf

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of PERNYATAAN PERSETUJUAN PEMBERIAN IZIN PUBLIKASI SKRIPSI UNTUK KEPENTINGAN AKADEMIS.pdf]
Preview
Text
PERNYATAAN PERSETUJUAN PEMBERIAN IZIN PUBLIKASI SKRIPSI UNTUK KEPENTINGAN AKADEMIS.pdf

Download (400kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (740kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (345kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)

Abstract

TikTok Live Shopping adalah fitur terbaru yang dimiliki oleh TikTok dimana para pelaku usaha dengan mudah mempromosikan berbagai produknya serta berkomunikasi dengan konsumen secara langsung. Namun dibalik keunggulannya, masih banyak kekurangan yang berdampak kerugian terhadap konsumen. Dalam penelitian ini penulis bermaksud untuk menjelaskan mengenai bentuk tanggungjawab pelaku usaha serta perlindungan hukum terhadap konsumen terkait penjualan tas bermerek tiruan yang dipromosikan melalui TikTok Live Shopping dan tanggung jawab pelaku usaha terhadap konsumen terkait penjualan tas bermerek tiruan menurut Hukum Islam. penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa, metode normatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa tanggung jawab yang dilakukan oleh pelaku usaha merujuk pada Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen pasal 19 dengan memberikan tanggung jawab dalam bentuk ganti rugi terhadap konsumen atas baran yang diperdagangkan. Menurut hukum islam juga disebutkan bahwa para pelaku usaha harus memiliki sikap tanggung jawab. Apabila terjadi kerugian, pelaku usaha harus memberikan ganti rugi baik berupa pengembalian/penukaran barang yang sama atau pengembalian dana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-1018-FH
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab, Pelaku Usaha, Penjualan Tas Bermerek Tiruan, Perlindungan Konsumen.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > J General legislative and executive papers
K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Nadya Fazriah
Date Deposited: 18 Nov 2025 03:26
Last Modified: 18 Nov 2025 03:26
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/12886

Actions (login required)

View Item View Item