Lestari, Putri (2023) PENGARUH LABEL HALAL TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PRODUK KOPI KAPAL API DI KELAPA GADING SERTA TINJAUANNYA DARI SUDUT PANDANG ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.
Preview |
Text
1. COVER.pdf Download (14kB) | Preview |
Preview |
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN SIDANG.pdf Download (5MB) | Preview |
Preview |
Text
2. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (55kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (273kB) | Preview |
Preview |
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (200kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (495kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (876kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menguji pengaruh label halal terhadap loyalitas pelanggan melalui keputusan pembelian dan kepuasan pelanggan sebagai faktor mediasi. Penelitian didesain sebagai explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan kopi Kapal Api di Kelapa Gading dengan jumlah sampel 120 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan non-probality sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survey instrumen kuesioner melalui halaman Google Form. Metode analisis data menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) menggunakan software SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukan bahwa label halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan; kepuasan pelanggan tidak bepengaruh terhadap loyalitas pelanggan; label halal terhadap loyalitas pelanggan tidak dimediasi melalui kepuasan pelanggan sebagai faktor mediasi; keputusan pembelian dapat memediasi secara parsial hubungan antara label halal terhadap loyalitas pelanggan. Alhasil, tinjauan persfektif Islam menjelaskan bahwa label halal pada produk kopi Kapal Api di wilayah Kelapa Gading dapat menunjukan tidak mengandung zat yang membahayakan dan bahan yang digunakan telah terjamin kehalalannya, serta terdapat banyak manfaat yang sejalan atas harapan dan kebutuhann pelanggan. Sehingga, dapat melakukan keputusan pembelian dengan memberikan dampak yang positif dengan munculnya kepuasan pelanggan dan menjadikan loyalitas pelanggan terhadap produk kopi Kapal Api yang sudah sesuai dengan prinsip-prinsip syariah yakni, halal dan tayyib. Dalam Islam tidak hanya mengajarkan keuntungan saja, melainkan salah satunya jujur, amanah, dan memiliki dampak baik bagi pelanggan agar produk kopi Kapal Api tetap berkah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-344-MNJ |
Uncontrolled Keywords: | Label Halal, Loyalitas Pelanggan, Keputusan Pembelian, Kepuasan Pelanggan, Kopi Kapal Api, Islam |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HF Commerce T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks |
Depositing User: | Putri Lestari |
Date Deposited: | 19 Mar 2025 08:12 |
Last Modified: | 19 Mar 2025 08:12 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/12615 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |