Winayu, Sendang Tri (2021) HUBUNGAN ANTARA FREKUENSI DAN DURASI BERMAIN GAME ONLINE DENGAN KEJADIAN KELELAHAN MATA (ASTENOPIA) PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS YARSI ANGKATAN 2018 DAN TINJAUANNYA MENURUT PANDANGAN ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.
Preview |
Text
01. COVER.pdf Download (71kB) | Preview |
Preview |
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (269kB) | Preview |
Preview |
Text
03. SURAT PERNYATAAN.pdf Download (244kB) | Preview |
Preview |
Text
05. ABSTRAK DAN KATA KUNCI.pdf Download (163kB) | Preview |
Preview |
Text
08. BAB I.pdf Download (232kB) | Preview |
Preview |
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (163kB) | Preview |
|
Text
09. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
|
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) |
|
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
|
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) |
|
|
Text
13. BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (62kB) |
|
|
Text
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) |
Abstract
Latar Belakang: Perkembangan permainan pun berubah dari permainan tradisional menjadi permainan berbasis teknologi yang menggunakan jaringan internet atau disebut game online. Game online ini sangat digemari karena selain merupakan sarana hiburan mengisi waktu luang, juga dapat dimanfaatkan sebagai media menambah pertemanan dan komunitas baru. Fenomena kecanduan game online ini semakin meluas dan semakin memprihatinkan, terutama karena banyaknya remaja yang menjadi pecandu game online. Kelelahan mata akibat terlalu lama di depan komputer dan gelombang elektromagnetik yang dihasilkan monitor komputer menyebabkan radiasi dan bisa mengganggu kesehatan mata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara frekuensi dan durasi bermain game online terhadap kejadian kelelahan mata (astenopia) pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas YARSI Angkatan 2018. Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan desain penelitian Cross – sectional. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas YARSI Angkatan Tahun 2018 yang berjumlah 70 orang. Hasil: Mayoritas mahasiswa dalam kategori kadang-kadang mengalami astenopia sebanyak (40.0%). Mayoritas mahasiswa kadang-kadang bermain game online sebanyak (68.6%). Mayoritas mahasiswa paling banyak mempunyai gangguan mata sebanyak (80%). Terdapat hubungan yang siginifikan antara frekuensi dan durasi bermain game online dengan kejadian kelelahan mata (astenopia). Simpulan: Ada hubungan yang signifikan antara frekuensi dan durasi bermain game online dengan kejadian kelelahan mata (astenopia). Berdasarkan tinjauan islam sebaiknya penggunaan game online lebih dibatasi untuk menghindari terjadinya kerusakan mata.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | S-7381-FK |
| Uncontrolled Keywords: | Game Online, Kelelahan Mata, Astenopia |
| Subjects: | L Education > L Education (General) R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RE Ophthalmology |
| Depositing User: | Sendang Winayu |
| Date Deposited: | 14 Jul 2025 03:04 |
| Last Modified: | 14 Jul 2025 03:04 |
| URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/12520 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
