Diantoro, Kriston (2023) PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DAN TINJAUANNYA DALAM SUDUT PANDANG ISLAM (Studi pada Konsumen Marketplace Tokopedia di DKI Jakarta). Diploma thesis, Universitas YARSI.
Preview |
Text
1. COVER.pdf Download (19kB) | Preview |
Preview |
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN SIDANG.pdf Download (5MB) | Preview |
Preview |
Text
2. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (58kB) | Preview |
Preview |
Text
11. BAB I.pdf Download (341kB) | Preview |
Preview |
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (255kB) | Preview |
![]() |
Text
12. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
![]() |
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) |
![]() |
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (697kB) |
![]() |
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (463kB) |
![]() |
Text
16. BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (23kB) |
![]() |
Text
18. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (677kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian dengan kepercayaan sebagai variabel mediasi. Populasi penelitian ini adalah konsumen pengguna marketplace Tokopedia di DKI Jakarta dengan jumlah sampel 112 responden. Data dikumpulkan dengan kuesioner. Analisis data menggunakan Metode Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Model yang digunakan dalam penelitian memberi pengaruh moderat, relevan untuk memprediksi pengaruh antar variabel dengan tingkat kesesuaian model yang besar. Online customer review dan kepercayaan masing-masing berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, sedangkan online customer rating tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Online customer review dan online customer rating masing-masing berpengaruh positif terhadap kepercayaan. Kepercayaan dapat memediasi pengaruh online customer review terhadap keputusan pembelian, namun kepercayaan tidak dapat memediasi pengaruh online customer rating terhadap keputusan pembelian. Dalam sudut pandang Islam, melakukan keputusan pembelian hendaknya memperhatikan online customer review dan online customer rating karena dapat menumbuhkan kepercayaan dan melakukan keputusan pembelian harus sesuai dengan kebutuhan agar tidak berlebihan dan menimbulkan keborosan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-302-MNJ |
Uncontrolled Keywords: | Keputusan pembelian, online customer review, online customer rating, kepercayaan, Tokopedia |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management H Social Sciences > HF Commerce T Technology > T Technology (General) |
Depositing User: | Kriston Diantoro |
Date Deposited: | 18 Mar 2025 01:25 |
Last Modified: | 18 Mar 2025 01:25 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/12249 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |