Search for collections on Universitas YARSI Repository

PERAN MEDIA SOSIAL, ELECTRONIC WORD OF MOUTH, POTONGAN HARGA, DAN MOTIVASI BELANJA HEDONIS TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE SERTA TINJAUANNYA DARI SUDUT PANDANG ISLAM (Studi Pada Konsumen Shopee Generasi Z di Jakarta Timur)

Amalia, Putri Alfi (2023) PERAN MEDIA SOSIAL, ELECTRONIC WORD OF MOUTH, POTONGAN HARGA, DAN MOTIVASI BELANJA HEDONIS TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE SERTA TINJAUANNYA DARI SUDUT PANDANG ISLAM (Studi Pada Konsumen Shopee Generasi Z di Jakarta Timur). Diploma thesis, Universitas YARSI.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 4. LEMBAR PENGESAHAN SIDANG.pdf]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN SIDANG.pdf

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 2. LEMBAR PERNYATAAN.pdf]
Preview
Text
2. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 5. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf] Text
5. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of 11. BAB I.pdf]
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of 17. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 12. BAB II.pdf] Text
12. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[thumbnail of 13. BAB III.pdf] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[thumbnail of 14. BAB IV.pdf] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[thumbnail of 15. BAB V.pdf] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[thumbnail of 16. BAB VI.pdf] Text
16. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[thumbnail of 18. LAMPIRAN.pdf] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran media sosial, electronic word of mouth, potongan harga, dan motivasi belanja hedonis terhadap pembelian impulsif pada konsumen Shopee Generasi Z di Jakarta Timur serta tinjauannya dari sudut pandang Islam. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Shopee Generasi Z (1997-2012). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Pengumpulan data menggunakan metode survey dengan instrument kuesioner. Metode analisis data yang digunakan yaitu menggunakan PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media sosial tidak berpengaruh terhadap pembelian impulsif. (2) electronic word of mouth memiliki pengaruh positif terhadap terhadap pembelian impulsif. (3) potongan harga tidak berpengaruh terhadap pembelian impulsif. (4) motivasi belanja hedonis memiliki pengaruh positif terhadap pembelian impulsif. (5) media sosial, electronic word of mouth, potongan harga, dan motivasi belanja hedonis dapat dijadikan model yang sesuai terhadap pembelian impulsif. Dalam sudut pandang Islam, mengajarkan bahwa dalam menggunakan media sosial, harus berlandaskan pada tauhid. Selanjutnya, penerapan electronic word mouth dalam perspektif islam hukumnya boleh, karena manusia adalah makhluk yang berproses mencari ilmu atau informasi. Potongan harga dalam perspektif Islam hukumnya boleh, dengan syarat tidak menimbulkan kerugian dari berbagai pihak. Selanjutnya, motivasi belanja hedonis tidak sesuai dengan syariat Islam. Islam mengajarkan bahwa untuk mendapatkan kesenangan atau ketenangan adalah dengan cara berdzikir kepada Allah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-306-MNJ
Uncontrolled Keywords: media sosial, electronic word of mouth, potongan harga, motivasi belanja hedonis, pembelian impulsif, PLS, Islam.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
Depositing User: Putri Amalia
Date Deposited: 18 Mar 2025 02:12
Last Modified: 18 Mar 2025 02:12
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/12145

Actions (login required)

View Item View Item