Amalia, Putri Alfi (2023) PERAN MEDIA SOSIAL, ELECTRONIC WORD OF MOUTH, POTONGAN HARGA, DAN MOTIVASI BELANJA HEDONIS TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE SERTA TINJAUANNYA DARI SUDUT PANDANG ISLAM (Studi Pada Konsumen Shopee Generasi Z di Jakarta Timur). Diploma thesis, Universitas YARSI.
Preview |
Text
1. COVER.pdf Download (108kB) | Preview |
Preview |
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN SIDANG.pdf Download (173kB) | Preview |
Preview |
Text
2. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (126kB) | Preview |
![]() |
Text
5. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf Download (129kB) |
Preview |
Text
11. BAB I.pdf Download (267kB) | Preview |
Preview |
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (142kB) | Preview |
![]() |
Text
12. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) |
![]() |
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
![]() |
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
![]() |
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) |
![]() |
Text
16. BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
![]() |
Text
18. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran media sosial, electronic word of mouth, potongan harga, dan motivasi belanja hedonis terhadap pembelian impulsif pada konsumen Shopee Generasi Z di Jakarta Timur serta tinjauannya dari sudut pandang Islam. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Shopee Generasi Z (1997-2012). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Pengumpulan data menggunakan metode survey dengan instrument kuesioner. Metode analisis data yang digunakan yaitu menggunakan PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media sosial tidak berpengaruh terhadap pembelian impulsif. (2) electronic word of mouth memiliki pengaruh positif terhadap terhadap pembelian impulsif. (3) potongan harga tidak berpengaruh terhadap pembelian impulsif. (4) motivasi belanja hedonis memiliki pengaruh positif terhadap pembelian impulsif. (5) media sosial, electronic word of mouth, potongan harga, dan motivasi belanja hedonis dapat dijadikan model yang sesuai terhadap pembelian impulsif. Dalam sudut pandang Islam, mengajarkan bahwa dalam menggunakan media sosial, harus berlandaskan pada tauhid. Selanjutnya, penerapan electronic word mouth dalam perspektif islam hukumnya boleh, karena manusia adalah makhluk yang berproses mencari ilmu atau informasi. Potongan harga dalam perspektif Islam hukumnya boleh, dengan syarat tidak menimbulkan kerugian dari berbagai pihak. Selanjutnya, motivasi belanja hedonis tidak sesuai dengan syariat Islam. Islam mengajarkan bahwa untuk mendapatkan kesenangan atau ketenangan adalah dengan cara berdzikir kepada Allah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-306-MNJ |
Uncontrolled Keywords: | media sosial, electronic word of mouth, potongan harga, motivasi belanja hedonis, pembelian impulsif, PLS, Islam. |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HF Commerce |
Depositing User: | Putri Amalia |
Date Deposited: | 18 Mar 2025 02:12 |
Last Modified: | 18 Mar 2025 02:12 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/12145 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |