Search for collections on Universitas YARSI Repository

MEMBANGUN APLIKASI MATHERS (MATEMATHICS MASTER) UNTUK TINGKAT SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID

Fauzan, Alief (2022) MEMBANGUN APLIKASI MATHERS (MATEMATHICS MASTER) UNTUK TINGKAT SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
1.Cover Sampul.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Halaman Pengesahan.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Halaman Pernyataan Orisinal.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
20. Daftar Pustaka.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text
15. Bab 2 Tinjauan Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
16. Bab 3 Metodologi Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
17. Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
18. Bab 5 Tinjauan Islam Terhadap APLIKASI MATHERS (MATEMATHICS MASTER) UNTUK TINGKAT SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
19. Bab 6 Penutup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
21. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Teknologi dan informasi dalam dunia berkembang dengan pesat, salah satunya merupakan proses pembelajaran yang sangat penting dan diperlukan dalam dunia pendidikan.Teknologi dalam dunia perndidikan membutuhkan suatu media pembelajaran berbasis multimedia yang dapat mendukung proses pembelajaran dan memudahkan pemahaman pelajaran secara cepat dan efisien. Dengan semakin berkebamngnya teknologi, semakin banyak video game, banyak siswa yang malas mempelajari ilmu pengetahuan sehingga turunnya minat siswa dalam mengetahui matematika. Oleh karena itu, peneliti membangun aplikasi MATHERS yaitu aplikasi pembelajaran matematika berbasis android dengan Video Game untuk meningkatkan motivasi dan minat anak-anak dalam belajar matematika. Metode yang digunakan penelitian ini adalah Game Development Life Cycle yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu: Initiation, Pre-Production, Production, Testing, Beta, Release. hasil kuisioner pertama rata-ratanya adalah 43,6%. Pada hasil kuisioner yang kedua untuk mengetahui hasil uji coba aplikasi MATHERS. Didapatkan hasil rata-ratanya adalah 78,3%, dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini dapat meningkatkan minat siswa dala belajar matematika yaitu sekitar 34,7%. Penelitian ini juga sejalan dengan syariat islam, yang terkandung dalam surat QS. Al-Baqarah: 30-35 dan QS Al-Insyirah; 5-8.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-864-FTI
Uncontrolled Keywords: Matematika, Pembelajaran, Video Game
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Alief Fauzan
Date Deposited: 02 Apr 2024 10:28
Last Modified: 02 Apr 2024 10:28
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/11974

Actions (login required)

View Item View Item