Search for collections on Universitas YARSI Repository

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI PERPUSTAKAAN BACA DI TEBET

Arrizki, Hafizd (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI PERPUSTAKAAN BACA DI TEBET. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS SKRIPSI.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABTRAK.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB) | Preview
[img] Text
12. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text
16. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB)

Abstract

Instagram menjadi salah satu media sosial yang populer di Indonesia saat ini memiliki cukup banyak manfaat serta peran bagi masyarakat penggunanya, salah satunya menjadi media penghantar informasi bagi masyarakat. Hubungan antara informasi dengan perpustakaan juga sangat erat, oleh sebab itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Instagram sebagai sebuah media promosi bagi Perpustakaan baca di Tebet. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan EPIC Model, salah satu alat ukur efektifitas iklan dengan pendekatan komunikasi yang dikembangkan oleh AC Nielsen salah satu perusahaan peneliti pemasaran terkemuka di dunia yang mencakup empat dimensi kritis, yaitu emphaty, persuations, impact, communication, jadi untuk pendekatan efektivitas media menggunakan dimensi dari model ini. Populasi dalam penelitian ini ialah followers dari official instagram @bacaditebet. Jumlah followers @bacaditebet per tanggal 26 Mei 2022 yakni 5.823. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, perhitungan rumus yang telah didapatkan adalah 110 orang responden. Hasil penelitian ini menunjukkan efektivitas promosi perpustakaan @bacaditebet rata-rata perolehan skor untuk variabel media sosial termasuk ke dalam kategori tinggi (62.5 persen ≤ x ≤ 81,25 persen) yaitu 72,05 persen, artinya rata-rata responden menilai bahwa variabel media sosial beserta dimensi yang digunakan termasuk kategori tinggi dan dinilai relevan untuk penelitian ini. Sehingga dapat disimpulkan, bahwa dimensi persuation yang memiliki nilai paling lemah 70,53% dan yang memiliki nilai paling kuat adalah dimensi communication 73,13% yang menunjukan bahwa dimensi ini adalah dimensi yang paling dominan diantara faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-336-IP
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Instagram, Media Sosial, Promosi Perpustakaan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Depositing User: HAFIZD ARRIZKI
Date Deposited: 07 Jun 2024 18:13
Last Modified: 07 Jun 2024 18:13
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/11880

Actions (login required)

View Item View Item