Search for collections on Universitas YARSI Repository

URGENSI KEBERADAAN PEJABAT PEMBUAT AKTA TANAH SEMENTARA DALAM PEMBUATAN AKTA PERALIHAN HAK ATAS TANAH UNTUK KELUARGA PEJABAT PEMBUAT AKTA TANAH DI KABUPATEN FAKFAK

Akbar, Totop (2023) URGENSI KEBERADAAN PEJABAT PEMBUAT AKTA TANAH SEMENTARA DALAM PEMBUATAN AKTA PERALIHAN HAK ATAS TANAH UNTUK KELUARGA PEJABAT PEMBUAT AKTA TANAH DI KABUPATEN FAKFAK. Masters thesis, Universitas YARSI.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (19kB)
[img] Text
03. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (153kB)
[img] Text
05. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (77kB)
[img] Text
08. ABSTRAK DAN KATA KUNCI.pdf

Download (105kB)
[img] Text
09. BAB I.pdf

Download (288kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB)

Abstract

Tesis ini berjudul “Urgensi Keberadaan Pejabat Pembuat Akta Tanah Sementara Dalam Pembuatan Akta Peralihan Hak Atas Tanah Untuk Keluarga Pejabat Pembuat Akta Tanah Di Kabupaten Fakfak”. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan menganalisa hukum tentang urgensi keberadaan PPAT Sementara dan akibat hukum dari kekosongan PPAT Sementara. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana urgensi keberadaan PPAT Sementara dalam pembuatan akta peralihan hak atas tanah untuk keluarga PPAT dan bagaimana akibat hukum dari kekosongan PPAT Sementara terhadap pembuatan akta peralihan hak atas tanah untuk keluarga PPAT karena ketiadaan PPAT lainnya di Kabupaten Fakfak. Penelitian hukum ini merupakan penelitian empiris-normatif dengan menggunakan metode pendekatan wawancara secara langsung dengan informan, dan pendekatan studi kepustakaan dengan menelusuri, mempelajari dan mengkaji bahan-bahan hukum. Hasil penelitian dari tesis ini menunjukkan jumlah PPAT di Kabupaten Fakfak masih belum mencukupi dan belum ada penunjukan PPAT Sementara sampai saat ini. Keberadaan PPAT Sementara sangat dibutuhkan untuk mempermudah masyarakat dalam hal tenaga, biaya dan waktu dalam proses pembuatan akta peralihan hak atas tanah. PPAT atau keluarga PPAT di Kabupaten Fakfak tidak dapat melakukan pembuatan akta peralihan hak atas tanah dikarenakan tidak ada pilihan PPAT lainnya dan bila dalam pembuatan akta peralihan hak atas tanahnya menggunakan jasa PPAT yang masih mempunyai hubungan keluarga maka akta tersebut akan kehilangan otentisitasnya dan menjadi batal demi hukum atau dapat dibatalkan karena melanggar peraturan perundang-undangan. Selanjutnya, PPAT atau keluarganya bila tidak segera melakukan pendaftaran peralihan hak atas tanah, maka berakibat tidak adanya kepastian hukum atas status tanah atau kepemilikan hak atas tanahnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: T-59-MKn
Uncontrolled Keywords: PPAT Sementara, Keluarga PPAT, Peralihan Hak Atas Tanah
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > CD Diplomatics. Archives. Seals
K Law > K Law (General)
Depositing User: Totop Akbar
Date Deposited: 13 Nov 2023 11:40
Last Modified: 13 Nov 2023 11:40
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/11807

Actions (login required)

View Item View Item