Search for collections on Universitas YARSI Repository

PEMENUHAN HAK KESEJAHTERAAN TERHADAP NOTARIS DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Anggoro, Rizki Ndry (2023) PEMENUHAN HAK KESEJAHTERAAN TERHADAP NOTARIS DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN DI MASA PANDEMI COVID-19. Masters thesis, Universitas YARSI.

[img] Text
1. COVER 2202021016 (1).pdf

Download (62kB)
[img] Text
03. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (142kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN .pdf

Download (251kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (50kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (295kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)

Abstract

Wabah pneumonia pertama kali mulai muncul di Wuhan awal tahun 2020, Provinsi Hubei, Cina, yang dapat menyebabkan kegemparan global dikarenakan penyakit tersebut dapat berkembang biak dengan cepat di lebih dari 190 Negara dan juga wilayah. Perkembangan terakhir di Indonesia, COVID-19 diakui secara resmi sebagai penyakit yang menimbulkan kedaruratan kesehatan. Pemerintah telah menerapkan beberapa aturan, seperti Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada tahun 2020 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada tahun 2021, untuk membatasi kegiatan yang berpotensi menyebabkan penyebaran virus. Tujuan utama dari aturan tersebut adalah untuk mengurangi aktivitas masyarakat yang melibatkan kerumunan. Pemerintah telah menerapkan PPKM demi mengurangi penyebaran virus COVID-19 dan banyak perkantoran yang melaksanakan pekerjaannya dari jarak jauh, tidak semua sektor dapat melaksanakan telework karena jenis dan karakteristik dasar dari sektor tersebut. Salah satu sektor/profesi yang sulit menerapkan work from home adalah kenotariatan, selain perbankan dan sektor finansial. Pasal 16 ayat (1) huruf m Undang-Undang Jabatan Notaris Studi ini merupakan studi normatif, di mana fokusnya adalah Norma Hukum yang tercantum dalam peraturan perundang-undangan Profesi notaris dianggap sebagai sektor esensial pada saat kedaruratan kesehatan masyarakat karena 3notaris memiliki peran penting dalam memfasilitasi transaksi hukum yaitu pembuatan akta-akta yang berhubungan dengan keperdataan dan dapat jugga 8memberikan perlindungan hukum terhadap hak-hak masyarakat. Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa hak-hak masyarakat terpenuhi dan agar kegiatan ekonomi dan sosial dapat terus berjalan dengan lancar, bahkan di masa-masa sulit seperti kedaruratan kesehatan masyarakat. Pemenuhan hak kesejahteraan terhadap profesi notaris di masa COVID-19 menjadi sangatg penting karena notaris memiliki peran yang krusial dalam memfasilitasi transaksi hukum dand rmemberikan perlindungan hukum terhadap hak-hak masyarakat. Dalam hal ini, penting juga untuk memastikan bahwa notaris tetap dapat memberikan pelayanan yang berkualitas dan memenuhi kebutuhan masyarakat dengan cara yang aman dan efektif. Notaris dapat mempertimbangkan penerapan protokol kesehatan dan keselamatan yang ketat dalam menjalankan tugas mereka.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: T-49-MKn
Uncontrolled Keywords: Covid-19, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Sektor esensial, Hak Kesejahteraan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
K Law > K Law (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
Depositing User: Rizki SH
Date Deposited: 31 Oct 2023 08:23
Last Modified: 31 Oct 2023 08:23
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/11797

Actions (login required)

View Item View Item