Hendrika, Cindy Melati (2021) PERTANGGUNGJAWABAN PERDATA PENYEDIA JASA DALAM HAL PENGANTARAN BARANG KEPADA PEMBELI MENURUT PASAL 26 UNDANG – UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (STUDI EMPIRIS: J&T EXPRESS). Diploma thesis, Universitas YARSI.
|
Text
1. HALAMAN SAMPUL.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
6. HALAMAN PENGESAHAN TIM PENGUJI SKRIPSI.pdf Download (690kB) | Preview |
|
|
Text
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS SKRIPSI.pdf Download (624kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRAK.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (196kB) | Preview |
|
Text
12. BAB II KAIDAH HUKUM DAN TANGGUNG JAWAB PENYEDIA JASA DALAM PERLINDUNGAN KONSUMEN.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) |
||
Text
13. BAB III ANALISIS PENYAJIAN DATA DAN ANALISIS PERTANGGUNGJAWABAN PELAKU USAHA PENGIRIMAN BARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
||
Text
14. BAB IV PANDANGAN HUKUM ISLAM MENGENAI PERTANGGUNGJAWABAN PERDATA PENYEDIA JASA DALAM HAL PENG.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) |
||
Text
15. BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
17. PEDOMAN WAWANCARA.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
18. DOKUMENTASI.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) |
Abstract
Menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dalam Pasal 26 Pelaku Usaha yang memperdagangkan jasa wajib memenuhi jaminan dan/atau garansi yang disepakati dan/atau yang diperjanjikan. Kerusakan barang terjadi pada saat pengiriman barang mengakibatkan kerugian terhadap konsumen. Dalam menangani keluhan dari konsumen, jaminan yang diberikan oleh J&T Express sudah terpenuhi. Pertanggungjawaban yang diberikan sudah berkesesuaian pada Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 69 Tahun 2018 Tentang Pengawasan Barang Beredar Barang dan/atau Jasa dengan Standart Operasional Prosedur yang sudah ada. Adapun mengenai rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimana Penyedia Jasa memastikan barang yang diantar kepada konsumen tidak kehilangan fungsinya. (2) Bagaimana bentuk pertanggungjawaban dari penyedia jasa apabila terjadi kerusakan barang. (3) Bagaimana Pandangan Islam terkait dengan pertanggungjawaban penyedia jasa. Penulis menyimpulkan bahwa jaminan yang diberikan oleh pihak J&T Express sudah dapat terpenuhi sesuai dengan perjanjian yang sudah dibuat. Jaminan tersebut dipenuhi dengan adanya kesepakatan antara kedua belah pihak. Pertanggungjawaban yang diberikan J&T Express sudah memenuhi prosedur yang ada dan cepat tanggap dalam menangani keluhan yang ada dalam konsumen. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode empiris dengan bahan sekunder yaitu peraturan perundang--undangan dan jenis data primer.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-699-FH |
Uncontrolled Keywords: | Hukum Perlindungan Konsumen, Pertanggungjawaban, Penyedia Jasa, Konsumen. |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HF Commerce K Law > K Law (General) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 01:41 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 01:41 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/11697 |
Actions (login required)
View Item |