Ayudia, Adinda Shavira (2023) PEMBONCENGAN REPUTASI MEREK TERKENAL STARBUCKS (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor 836 K/Pdt.Sus-HKI/2022). Diploma thesis, Universitas YARSI.
Preview |
Text
1. COVER.pdf Download (238kB) | Preview |
Preview |
Text
5. HALAMAN PENGESAHAN TIM PENGUJI SKRIPSI.PDF Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
3. PERNYATAAN ORISINALITAS SKRIPSI.PDF Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
9. ABSTRAK.pdf Download (181kB) | Preview |
Preview |
Text
10. BAB I.pdf Download (366kB) | Preview |
Preview |
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (258kB) | Preview |
![]() |
Text
11. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) |
![]() |
Text
12. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
![]() |
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (406kB) |
![]() |
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan prinsip iktikad baik terhadap merek terkenal di Indonesia dan pertimbangan hakim dalam memutus sengketa merek STARBUCKS pada Putusan Nomor 836K/Pdt.Sus-HKI/2022. Merek terkenal lebih memiliki pengaruh positif baik untuk konsumennya maupun masyarakat umum, dimana barang dan/atau jasa yang ditawarkan akan lebih cepat terjual di pasaran. Hal ini juga menimbulkan pengaruh negatif yaitu memiliki kecenderungan untuk ditiru atau digunakan oleh pihak lain secara illegal. Metode penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Hukum Normatif dengan menggunakan data sekunder. Dapat disimpulkan bahwa penerapan prinsip iktikad baik terhadap merek terkenal tidak diatur secara khusus di Indonesia, namun merek terkenal berhak atas pelindungan hukum terhadap mereknya atas tindakan curang yang dapat merusak reputasi keterkenalan mereknya. Pertimbangan Majelis Hakim dalam Putusan Mahkamah Agung Nomor 836K/Pdt.SusHKI/2022 sudah tepat karena terdapat adanya indikasi persamaan pada pokoknya atau keseluruhan dengan merek Penggugat dan adanya permohonan merek dengan iktikad tidak baik. Dalam hukum Islam juga diatur larangan mengenai pemalsuan atau pemboncengan reputasi Merek karena sama dengan mengambil hak milik orang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-967-FH |
Uncontrolled Keywords: | Pemboncengan Reputasi, Merek Terkenal |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce K Law > K Law (General) T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks |
Depositing User: | Adinda Ayudia |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 03:13 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 03:13 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/11664 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |