Search for collections on Universitas YARSI Repository

PEMBONCENGAN REPUTASI MEREK TERKENAL STARBUCKS (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor 836 K/Pdt.Sus-HKI/2022)

Ayudia, Adinda Shavira (2023) PEMBONCENGAN REPUTASI MEREK TERKENAL STARBUCKS (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor 836 K/Pdt.Sus-HKI/2022). Diploma thesis, Universitas YARSI.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 5. HALAMAN PENGESAHAN TIM PENGUJI SKRIPSI.PDF]
Preview
Text
5. HALAMAN PENGESAHAN TIM PENGUJI SKRIPSI.PDF

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3. PERNYATAAN ORISINALITAS SKRIPSI.PDF]
Preview
Text
3. PERNYATAAN ORISINALITAS SKRIPSI.PDF

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 9. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
9. ABSTRAK.pdf

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 10. BAB I.pdf]
Preview
Text
10. BAB I.pdf

Download (366kB) | Preview
[thumbnail of 15. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of 11. BAB II.pdf] Text
11. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[thumbnail of 12. BAB III.pdf] Text
12. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[thumbnail of 13. BAB IV.pdf] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[thumbnail of 14. BAB V.pdf] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan prinsip iktikad baik terhadap merek terkenal di Indonesia dan pertimbangan hakim dalam memutus sengketa merek STARBUCKS pada Putusan Nomor 836K/Pdt.Sus-HKI/2022. Merek terkenal lebih memiliki pengaruh positif baik untuk konsumennya maupun masyarakat umum, dimana barang dan/atau jasa yang ditawarkan akan lebih cepat terjual di pasaran. Hal ini juga menimbulkan pengaruh negatif yaitu memiliki kecenderungan untuk ditiru atau digunakan oleh pihak lain secara illegal. Metode penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Hukum Normatif dengan menggunakan data sekunder. Dapat disimpulkan bahwa penerapan prinsip iktikad baik terhadap merek terkenal tidak diatur secara khusus di Indonesia, namun merek terkenal berhak atas pelindungan hukum terhadap mereknya atas tindakan curang yang dapat merusak reputasi keterkenalan mereknya. Pertimbangan Majelis Hakim dalam Putusan Mahkamah Agung Nomor 836K/Pdt.SusHKI/2022 sudah tepat karena terdapat adanya indikasi persamaan pada pokoknya atau keseluruhan dengan merek Penggugat dan adanya permohonan merek dengan iktikad tidak baik. Dalam hukum Islam juga diatur larangan mengenai pemalsuan atau pemboncengan reputasi Merek karena sama dengan mengambil hak milik orang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-967-FH
Uncontrolled Keywords: Pemboncengan Reputasi, Merek Terkenal
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
K Law > K Law (General)
T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
Depositing User: Adinda Ayudia
Date Deposited: 13 Feb 2025 03:13
Last Modified: 13 Feb 2025 03:13
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/11664

Actions (login required)

View Item View Item