Search for collections on Universitas YARSI Repository

PERJANJIAN DALAM USAHA PENYEDIAAN JASA ANGKUTAN SEWA KHUSUS DITINJAU DARI UNDANG–UNDANG NO 5 TAHUN 1999 TENTANG LARANGAN PRAKTEK MONOPOLI DAN PERSAINGAN USAHA TIDAK SEHAT (STUDI KASUS : PUTUSAN KPPU NO. 13/KPPU-I/2019)

Sari, Nanda Elvira Puspita (2021) PERJANJIAN DALAM USAHA PENYEDIAAN JASA ANGKUTAN SEWA KHUSUS DITINJAU DARI UNDANG–UNDANG NO 5 TAHUN 1999 TENTANG LARANGAN PRAKTEK MONOPOLI DAN PERSAINGAN USAHA TIDAK SEHAT (STUDI KASUS : PUTUSAN KPPU NO. 13/KPPU-I/2019). Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI NANDA.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. PERNYATAAN ORISINALITAS SKRIPSI.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text
11. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)

Abstract

Salah satu ketentuan yang dilarang dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 adalah praktik monopoli sebagai kegiatan yang dilarang. Larangan praktik monopoli dilandaskan pada dampaknya yang tidak hanya merugikan sesama pelaku usaha tetapi juga merugikan konsumen bahkan perekonomian nasional. KPPU sebagai lembaga yang berwenang dalam persaingan usaha telah melakukan penegakan akan hukum persaingan usaha termasuk dengan memutus kasus monopoli yang dilakukan oleh Pt Grab Indonesia dan Pt TPI terkait adanya diskriminasi dan integrasi vertikal dalam perjanjian usaha penyediaan jasa angkutan sewa khusus lewat putusan nomor: 13/KPPU-I/2019. Dalam penelitian ini penulis akan membahas beberapa permasalahan mengenai, pertama mengenai bagaimana perjanjian dalam usaha penyediaan jasa angkutan sewa khusus. Kedua, mengenai bagaimana pertimbangan Hakim terhadap perjanjian usaha penyediaan jasa angkutan sewa khusus tersebut berdasarkan putusan perkara No. 13/KPPU�I/2019. Dan yang ketiga, bagaimana pandangan Islam terhadap perjanjian izin usaha penyediaan jasa angkutan sewa khusus. Penelitian hukum ini adalah penelitian hukum normatif pendekatan berdasarkan peraturan perundang�undangan serta hukum yang berkaitan erat dengan masalah yang akan diteliti dan berdasarkan pada bahan pustaka. Jenis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam perjanjian yang dilakukan oleh Pt Grab Indonesia dan Pt TPI ditemukan adanya pelanggaran pasal 14 dan pasal 19 huruf (d) Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999. Dalam perjanjian tersebut ditemukan bukti-bukti adanya diskriminasi yang dilakukan oleh Pt Grab Indonesia dan Pt TPI terhadap sejumlah driver Grab dan adanya unsur untuk menguasai unit usaha tertentu dimana dalam hal ini yaitu jasa angkutan sewa khusus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-690-FH
Uncontrolled Keywords: Persaingan Usaha, Perjanjian, Angkutan Sewa Khusus, Diskriminasi, Integrasi Vertikal
Subjects: K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 17 Apr 2023 02:33
Last Modified: 17 Apr 2023 02:33
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/11306

Actions (login required)

View Item View Item