Aziz, Farhan Abdul (2022) PENGEMBANGAN APLIKASI PENGENALAN BANGUNAN BERSEJARAH DI BEKASI DENGAN MENERAPKAN REALITAS TERTAMBAH BERBASIS ANDROID. Diploma thesis, Universitas YARSI.
|
Text
1. COVER.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Other (Text)
4. HALAMAN PENGESAHAN.PDF Download (1MB) | Preview |
|
|
Other (Text)
3. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.PDF Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB 1.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (137kB) | Preview |
|
Text
12. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
||
Text
13. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
14. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (847kB) |
||
Text
15. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
||
Text
16. BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (74kB) |
||
Text
18. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) |
Abstract
Bekasi merupakan salah satu wilayah yang memiliki cukup banyak peninggalan sejarah yang masih belum banyak diketahui oleh masyarakat, khususnya cagar budaya bangunan bersejarah yang saat ini beberapa sudah dialih fungsikan menjadi objek wisata edukasi. Pemerintah Bekasi telah melakukan berbagai upaya untuk menaikkan kembali minat masyarakat terhadap objek wisata khususnya pada wisata edukasi bangunan bersejarah. Namun, dari hasil survei pra penelitian masih didapatkan bahwa hanya sebanyak 5,4% menjawab mengetahui bangunan bersejarah yang ada di Bekasi dan hanya 3.6% yang merasa tidak kesulitan dalam menemukan informasi bangunan bersejarah tersebut. Atas permasalahan tersebut, maka penelitian kali ini bermaksud membuat aplikasi yang dapat memperkenalkan dan memberikan kemudahan dalam penyebaran informasi bangunan bersejarah yang terdapat di Bekasi kepada masyarakat Bekasi maupun luar Bekasi. Metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) digunakan sebagai panduan dalam membangun aplikasi. Penelitian ini menggunakan metode pengujian blackbox testing dan SUS (System Usability Scale) dalam melakukan pengujian pada aplikasi yang selesai dibuat dengan tujuan untuk memastikan aplikasi dapat berjalan dengan baik dan mudah digunakan sebagaimana mestinya. Hasil akhir penelitian ini adalah sebuah aplikasi pengenalan bangunan bersejarah di Bekasi dengan menerapkan teknologi realitas tertambah sebagai visualisasi objek 3D (tiga dimensi) bangunan bersejarah serta Google Maps untuk memberikan lokasi detail bangunan bersejarah tersebut. Hasil pengujian aplikasi menggunakan blackbox testing adalah 100% berhasil dan pengujian SUS dengan skor akhir yaitu 82,75.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-819-FTI |
Uncontrolled Keywords: | Bangunan Bersejarah Bekasi, Blackbox Testing, MDLC, Realitas Tertambah. |
Subjects: | A General Works > AM Museums (General). Collectors and collecting (General) D History General and Old World > D History (General) L Education > L Education (General) N Fine Arts > NX Arts in general Q Science > Q Science (General) Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science T Technology > T Technology (General) |
Depositing User: | Farhan Aziz |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 04:45 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 04:45 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/11184 |
Actions (login required)
View Item |