Search for collections on Universitas YARSI Repository

IMPLEMENTASI REALITAS TERTAMBAH PADA GIM PEMBELAJARAN HURUF HIJAIYAH BERBASIS ANDROID UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR

Sari, Purnama Intan (2022) IMPLEMENTASI REALITAS TERTAMBAH PADA GIM PEMBELAJARAN HURUF HIJAIYAH BERBASIS ANDROID UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Halaman Pengesahan_Intan.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Orisinalitas_Intan.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak_Intan.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 Pendahuluan.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DaftarPustaka_Intan.pdf

Download (137kB) | Preview
[img] Text
BAB 2 Tinjauan Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text
BAB 3 Metodologi Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
15. BAB 4 Hasil & Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text
16. BAB 5 Tinjauan Agama.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text
17. BAB 6 Penutup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[img] Text
19. Lampiran_Intan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (791kB)

Abstract

Dimasa perkembangan zaman banyak kemajuan teknologi pada media pembelajaran. Teknologi Realitas Tertambah atau Augmented Reality menjadi salah satu cara untuk menunjang media pembelajaran. Pembelajaran huruf hijaiyah bagi anak sekolah dasar menggunakan buku iqro dirasakan membosankan. Hal ini karena hanya memuat huruf saja dan tidak ada petunjuk cara bacanya. Berdasarkan wawancara dan observasi penelitian disekolah dasar menyatakan siswa lebih tertarik dengan gadget dari pada buku, siswa masih ada yang tidak mengikuti Taman Pendidikan Qur’an (TPQ). TPQ yang diikuti siswa tidak memakai media pembelajaran, siswa tahu bacaan huruf hijaiyah tapi tidak tahu bagaiamana bentuk hurufnya dan siswa masih ada yang belum bisa membaca. Sehingga diperlukan media yang nyata yang dapat membantu siswa dalam menunjang pembelajaran. Dalam skripsi ini peneliti membangun aplikasi pembelajaran huruf hijaiyah memanfaatkan teknologi augmented reality berbasis android yang diharapkan dapat menjadi salah satu media pembelajaran alternatif untuk menarik minat siswa mempelajari huruf hijaiyah. Metode yang digunakan dalam membangun aplikasi ini adalah game development life cycle (GDLC). Aplikasi dibuat menggunakan software vscode, figma, dolby on. Dari hasil Pengujian menggunakan blackbox didapatkan hasil semua komponen berhasil dijalankan. Dari hasil pengujian menggunakan system usability scale (SUS) mendapatkan hasil rata-rata sebesar 74 dari 32 responden. Serta menurut pandangan islam dianjurkan untuk dipelajari dan dibuat karena merupakan salah satu sumber ilmu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-808-FTI
Uncontrolled Keywords: gim pembelajaran, realitas tertambah, huruf hijaiyah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Intan Sari
Date Deposited: 06 Dec 2023 04:01
Last Modified: 06 Dec 2023 04:01
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/10974

Actions (login required)

View Item View Item