Search for collections on Universitas YARSI Repository

APLIKASI PEMANDU WISATA UNTUK WISATAWAN BERBASIS REALITAS TERTAMBAH SEBAGAI MEDIA PUBLISITAS PARIWISATA DAN INFORMASI INTERAKTIF (STUDI KASUS : TOUR GUIDE CANDI IJO)

Fauzia, Aisyah Risky (2022) APLIKASI PEMANDU WISATA UNTUK WISATAWAN BERBASIS REALITAS TERTAMBAH SEBAGAI MEDIA PUBLISITAS PARIWISATA DAN INFORMASI INTERAKTIF (STUDI KASUS : TOUR GUIDE CANDI IJO). Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
1. Cover Sampul.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Halaman Pengesahan Orisinalitas.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PERNYATAAN ORISINALITAS)
5. Halaman Pengesahan.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (224kB)
[img] Text
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (835kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text
17. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[img] Text
19. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)

Abstract

Ketiadaan pemandu pada lokasi Candi Ijo mempengaruhi wisatawan domestik dan mancanegara untuk mendapatkan informasi yang valid. Berdasarkan hasil kuesioner yang telah disebar 66,7% pengunjung mempunyai kendala untuk mencari informasi. Sehingga dibutuhkan aplikasi media yang menggunakan sebuah teknologi untuk mempermudah pengunjung. Maka penulis membuat aplikasi pemandu untuk mempermudah wisatawan, sehingga tidak perlu menggunakan jasa pemandu. Pada skripsi ini penulis mengembangkan aplikasi smarthpone memenggunakan teknologi Augmented Reality yang diterapkan pada smarthphone android menggunakan konsep marker sehingga bisa dijadikannya sebagai media publisitas dan informasi interaktif yang mempunyai tujuan sebagai memandu wisatawan ketika ingin mencari informasi yang valid. Pembuatan aplikasi melalui metode multimedia development life cycle (MDLC). Objek dibuat menggunakan aplikasi blender sehingga dapat menampilkan objek 3D yang nyata. Pada aplikasi ini pengguna dapat melihat objek 3D candi yang di scan melalui QR Code tiket yang sudah dibeli melalui loket. Hasil pengujian dengan diperoleh 36 responden mendapatkan rata-rata nilai 87,27% dengan nilai kriteria sangat baik. Hal ini aplikasi yang telah dibangun dapat diterima oleh pengguna. Aplikasi Tour untuk wisatawan berbasis Augmented Reality sebagai media publisitas pariwisata dan informasi interaktif sesuai dengan syariat Islam karena mempermudah urusan orang lain untuk mencari informasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-868-FTI
Uncontrolled Keywords: Candi Ijo, Augmented Reality.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GR Folklore
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Depositing User: Aisyah Fauzia
Date Deposited: 03 Apr 2024 08:56
Last Modified: 03 Apr 2024 08:56
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/10895

Actions (login required)

View Item View Item