Fadhilah, Farid (2023) PERAN BADAN PERLINDUNGAN KONSUMEN NASIONAL DALAM MEMBERIKAN PERLINDUNGAN KEPADA KONSUMEN : ANALISIS HUKUM PENJUALAN JASA TITIP TIKET KONSER KOREAN POP DI SOSIAL MEDIA TWITTER. Diploma thesis, Universitas YARSI.
Preview |
Text
1. COVER.pdf Download (65kB) | Preview |
Preview |
Text
5. HALAMAN PENGESAHAN TIM PENGUJI.pdf Download (252kB) | Preview |
Preview |
Text
3. PERNYATAAN ORISINILITAS SKRIPSI.pdf Download (266kB) | Preview |
Preview |
Text
8. ABSTRAK.pdf Download (42kB) | Preview |
Preview |
Text
10. BAB I.pdf Download (97kB) | Preview |
Preview |
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (101kB) | Preview |
Text
11. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (82kB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (41kB) |
Abstract
Seiring dengan perkembangan zaman perdagangan juga dikembangkan oleh mengikuti gaya hidup manusia. Perdagangan saat ini tidak hanya dapat dilakukan secara langsung tetapi juga dapat dilakukan secara tidak langsung atau menggunakan sistem elektronik. Perkembangan perdagangan sistem dan transaksi akan memudahkan jalan hidup manusia dan juga semakin meningkat menambah masalah dalam perlindungan konsumen. Ini akan menjadi tantangan bagi para lembaga yang membidangi perlindungan konsumen untuk melaksanakan tugas dan wewenangnya untuk melindungi konsumen transaksi biasa dan melindungi konsumen e-commerce. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian normatif dengan meneliti bahan pustaka, atau data sekunder seperti Peraturan Perundang-undangan, teori hukum, dan dapat berupa pendapat para ahli. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini data sekunder, diperoleh dari bahan-bahan kepustakaan berupa buku-buku. peran Lembaga Perlindungan Konsumen (BPKN) sangatlah penting dibutuhkan guna menjalankan fungsinya dalam memberikan saran dan pertimbangan kepada pemerintah. namun lembaga tersebut hanya memiliki kewenangan terbatas dalam perlindungan transaksi elektronik konsumen. oleh karena itu perubahan undang-undang diperlukan dan kewenangan lembaga harus diperluas untuk melindungi konsumen lebih kuat. Badan Perlindungan Konsumen Nasional dalam upayanya melindungi konsumen e-commerce, mereka bekerja sama dengan beberapa lembaga yang memiliki hubungan langsung, Pandangan Islam mengenai perlindungan konsumen pengguna jasa titip tiket konser merupakan akad wakalah bil ujrah ,pekerjaan yang mana adanya imbalan (upah) tertentu atas pekerjaan yang dilakukan. Ganti rugi dalam Islam di sebut ta’wid, tanggung jawab atas kelalaian pelaku usaha tersebut termasuk dalam Dhaman alHailulah yaitu ganti rugi pada jasa penitipan barang (al- wadi) jika terjadi kerusakan atau hilangnya itu disebabkan karena kelalaian atau kesengajaan orang yang dititipi, dimana ganti rugi diterapkan pada saat terjadinya kesengajaan maupun ketidak sengajaan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-924-FH |
Uncontrolled Keywords: | Peran, Institusi, Perlindungan, Tanggung jawab, Konsumen |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HF Commerce K Law > K Law (General) M Music and Books on Music > M Music Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources |
Depositing User: | Farid Fadhilah |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 07:49 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 07:49 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/10786 |
Actions (login required)
View Item |