Search for collections on Universitas YARSI Repository

MANFAAT DAN KERUGIAN PENERAPAN WEB BASED THERAPY PADA PENDERITA ACROPHOBIA DITINJAU DARI SUDUT PANDANG KEDOKTERAN DAN ISLAM

Mukharam, Istiadi (2019) MANFAAT DAN KERUGIAN PENERAPAN WEB BASED THERAPY PADA PENDERITA ACROPHOBIA DITINJAU DARI SUDUT PANDANG KEDOKTERAN DAN ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
BAB 0A - COVER AKROFOBIA.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Persetujuan istiadi mukharam 1102009147.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 0B - ABSTRAK AKROFOBIA.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I - AKROFOBIA.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB X - DAPUS AKROFOBIA.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text
BAB II - AKROFOBIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img] Text
BAB III - AKROFOBIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV - AKROFOBIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text
BAB V - AKROFOBIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)

Abstract

Acrophobia adalah sebuah ketakutan irasional yang ekstrim terhadap situasi ketinggian. Fobia ini dapat menyebabkan masalah dan sering berdampak signifikan terhadap kualitas hidup penderita. Gangguan ini sering berdampak signifikan terhadap kualitas hidup pasien, misalnya dalam pekerjaan, hubungan sosial atau mungkin aktivitas sehari-hari. Tujuan penulisan skripsi ini adalah membahas mengenai manfaat dan kerugian penerapan web based therapy pada penderita acrophobia ditinjau dari sudut pandang kedokteran dan Islam. Berbagai manfaat web based therapy pada fobia yaitu sangat mudah diakses, efisiensi waktu karena tidak perlu antri, dapat dilakukan kapan pun, dapat dilakukan di rumah, dapat diakses secara anonimitas, mengurangi biaya, dapat dijangkau oleh pasien yang tidak mau bertatapan muka dengan terapis. Kelemahannya adalah ketidakpatuhan, tidak efektif untuk semua gangguan mental, kesulitan mengidentifikasi peserta atau mengintervensi pada situasi darurat. Menurut pandangan Islam, web based therapy tidak merugikan pasien, tidak mengandung unsur yang diharamkan syariat Islam, selain itu terapi ini dibimbing oleh terapis yang ahli. Terapi ini termasuk maslahah karena bertujuan memelihara nyawa dan harta pasien, sehingga hukum penerapan terapi ini adalah boleh dan dianjurkan. Kedokteran dan Islam sependapat mengenai manfaat dan kerugian web based therapy pada acrophobia dapat mengurangi gejala fobia, menghemat biaya, meningkatkan kualitas hidup, tidak membahayakan, tidak mengandung unsur yang diharamkan oleh syariat Islam, yang termasuk maslahah. Peneliti disarankan untuk melakukan kajian lebih lanjut mengenai manfaat web based therapy pada acrophobia serta kerugiannya; dokter jiwa dan psikolog disarankan untuk mempertimbangkan web based therapy pada fobia; ulama disarankan untuk bekerja sama dengan dokter dalam membuat legalisasi dan sertifikat kehalalan web based therapy pada acrophobia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-6794-FK
Uncontrolled Keywords: acrophobia, manfaat, web based therapy, kualitas hidup, maslahah, maqasid asy-syariah
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 31 Jan 2023 04:40
Last Modified: 31 Jan 2023 04:40
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/10695

Actions (login required)

View Item View Item