Search for collections on Universitas YARSI Repository

ANALISA TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS MANDIRI TERHADAP PELAYANAN UNIT RAWAT JALAN DI RSU BHAKTI ASIH DAN TINJAUANNYA MENURUT PANDANGAN ISLAM

Putri, Yola Agusfia (2021) ANALISA TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS MANDIRI TERHADAP PELAYANAN UNIT RAWAT JALAN DI RSU BHAKTI ASIH DAN TINJAUANNYA MENURUT PANDANGAN ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
01. COVER.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. ABSTRAK.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. BAB I.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (60kB) | Preview
[img] Text
10. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
14. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)

Abstract

Latar Belakang : Kepuasaan pengguna pelayanan kesehatan mempunyai kaitan yang erat dengan hasil pelayanan kesehatan, baik secara medis maupun non medis seperti kepatuhan terhadap pengobatan, pemahaman terhadap informasi medis dan kelangsungan perawatan. Mulai 1 Januari 2014 ada perubahan dalam sistem pembiayaan kesehatan, seperti tercantum dalam Undang-Undang No. 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN). Banyaknya komplain dan penilaian yang kurang baik dari peserta BPJS mandiri terhadap kualitas pelayanan kesehatan membuat konsumen merasa tidak puas. Mulai dari sistem yang berbelit-belit, tidak ada batasan pembiayaan yang jelas, pembatasan obat bahkan pelayanan yang dinilai lama terhadap peserta BPJS. Kurang puas tentang ketentuan dan persyaratan yang ditetapkan BPJS, adanya pembatasan sarana prasarana seperti penarikan biaya saat memasuki IGD, adanya ketentuan beberapa pelayanan kesehatan yang tidak dijamin BPJS serta keluhan terlalu lama waktu yang diperlukan untuk mengurus persyaratan BPJS saat berobat, dimana dulu bisa langsung menuju poli klinik tetapi sekarang lebih lama. Memberikan pelayanan dengan kualitas terbaik, bukanlah sesuatu yang mudah bagi pengelola rumah sakit karena pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit menyangkut kualitas hidup para pasiennya sehingga bila terjadi kesalahan dalam tindakan medis dapat berdampak buruk bagi pasien. Berbagai masalah yang dipaparkan, seperti berlakunya rujukan berjenjang dan pembatasan diagnosis tertentu terhadap pasien yang menggunakan BPJS mandiri untuk berobat di RSU Bhakti Asih. Mengkaji persoalan BPJS kesehatan berdasarkan teori Sadd Dzarî'ah menunjukan bahwa menutup jalan perantara yang menyebabkan BPJS Kesehatan tidak sesuai dengan syari‟ah. Dengan berpegang pada prinsip-prinsip sadd al-dzarî‟ah, Ibnu alQayyim menegaskan bahwa hîlah (merekayasa hukum) diharamkan. Metode : Studi ini merupakan studi deskriptif kuantitatif dengan rancangan penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien BPJS Mandiri di RSU Bhakti Asih dengan jumlah 96 orang dan bersedia menjadi responden, dimana jumlah ini diharapkan memberikan informasi yang lengkap dan memadai (adequacy and appropriatness) dengan menggunakan kuisioner. Informan dipilih secara purposive sampling yaitu pengambilan sample dengan pertimbangan tertentu. Hasil : Hasil penelitian berdasarkan hasil penelitian pada dimensi reliability terhadap pelayanan BPJS Kesehatan mandiri menunjukan kriteria kesesuaian 93,6 % belum memuaskan pasien BPJS mandiri. Dimensi reliability terhadap pelayanan BPJS Kesehatan mandiri menunjukan kriteria kesesuaian 79,4 % belum memuaskan pasien BPJS mandiri. Kesimpulan : Manajemen rumah sakit diharapkan dapat meminimalisir hambatan dan melaksanakan standar pelayanan minimal yang telah ditetapkan berdasarkan kebijakan rumah sakit yaitu < 60 menit. Waktu pelayanan dengan jam kerja tanpa jeda waktu istirahat belum sesuai dengan harapan pasien BPJS mandiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-6758-FK
Uncontrolled Keywords: Pasien BPJS Mandiri, Pelayanan BPJS Kesehatan, Unit Rawat Jalan
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 26 Jan 2023 08:12
Last Modified: 26 Jan 2023 08:12
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/10630

Actions (login required)

View Item View Item