Search for collections on Universitas YARSI Repository

HUBUNGAN KEBIASAAN MINUM TEH DENGAN KADAR HEMOGLOBIN PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN ANGKATAN 2018 UNIVERSITAS YARSI DAN TINJAUANNYA MENURUT PANDANGAN ISLAM

Oktariani, Hana (2020) HUBUNGAN KEBIASAAN MINUM TEH DENGAN KADAR HEMOGLOBIN PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN ANGKATAN 2018 UNIVERSITAS YARSI DAN TINJAUANNYA MENURUT PANDANGAN ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
01. COVER.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. ABSTRAK DAN KATA KUNCI.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. BAB I.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text
09. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB)
[img] Text
13. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)

Abstract

Latar belakang : Anemia merupakan permasalahan masyarakat yang biasa terjadi diberbagai negara baik negara kaya maupun miskin, mayoritas anemia yang terjadi adalah anemia defisiensi besi. Anemia defisiensi besi pada anak-anak di Arab Saudi dan di Inggris dilaporkan berhubungan dengan kebiasaan minum teh Tujuan:Mengetahui hubungan kebiasaan minum teh dengan kadar hemoglobin pada mahasiswa Fakultas Kedokteran angkatan 2018 Universitas Yarsi. Adapun tujuan khususnya meliputi mengetahui kadar hemoglobin, mengetahui hubungan konsumsi teh dengan kadar hemoglobin terhadap mahasiswa Fakultas Kedokteran angkatan 2018 Universitas Yarsi. Metode : Penelitian ini menggunakan metode analitik observasional dengan pendekatan potong lintang (cross sectional), karena subyek diobservasi satu kali saja dan pengukuran variabelnya dilakukan pada saat yang bersamaan. Bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan konsumsi teh dengan kadar hemoglobin pada mahasiswa Fakultas Kedokteran angkatan 2018 Universitas Yarsi. Dengan rumus solving didapatkan jumlah responden sebanyak 73. Hasil : Hasil menyatakan bahwa responden yang memiliki kadar hemoglobin rendah cenderung masuk ke dalam kelompok reponden dengan kebiasaan minum teh kadang-kadang sebanyak 11 dari 76 responden (14,47 %). Sedangkan 30 dari 76 responden yang memiliki kadar hemoglobin normal masuk ke dalam kelompok responden tidak pernah minum teh dalam kurun waktu 7 hari terakhir sebelum pemeriksaan ( 39,47 %) . 1 dari 76 responden masuk ke dalam kategori sering minum teh ( setiap hari meminum teh dalam kurun waktu 7 hari terakhir ) justru menunjukan kadar hemoglobin yang normal (1,32 %) . Begitupun pada 27 dari 76 responden dengan kebiasaan minum teh kadang-kadang menunjukan kadar hemoglobin yang normal (35,53 %) . Sedangkan pada kategori hemoglobin rendah tidak ditemukan responden dengan kebiasaan minum teh sering (0,0%) . Menurut data responden dengan kelompok minum teh kadang-kadang berpeluang memiliki kadar hemoglobin rendah . Kelompok dengan kebiasaan kadang-kadang minum teh sebanyak 11 responden (14,47 %) terkategori hemoglobin (Hb) rendah dan sebanyak 30 responden kelompok kebiasaan tidak pernah minum teh (39,47 %) terkategori hemoglobin (Hb) normal . Berdasarkan hasil pengujian uji chi kuadrat, didapat p-value sebesar 0,165. Simpulan : Berdasarkan hasil penelitian hubungan kebiasaan minum teh dengan kadar hemoglobin pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran angkatan 2018 Universitas YARSI dapat ditarik kesimpulan yaitu tidak ada hubungan antara kadar kebiasaan minum teh dengan Kadar hemoglobin (Hb)

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-6726-FK
Uncontrolled Keywords: Hemoglobin, Kebiasaan minum teh , Mahasiswa Yarsi.
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RV Botanic, Thomsonian, and eclectic medicine
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 11 Jan 2023 03:02
Last Modified: 11 Jan 2023 03:02
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/10515

Actions (login required)

View Item View Item