Search for collections on Universitas YARSI Repository

HUBUNGAN FAKTOR EKONOMI TERHADAP PERILAKU IMUNISASI DASAR DI WILAYAH POSYANDU ROSMERAH RW 010 TANAH TINGGI, JAKARTA PUSAT DAN TINJAUANNYA MENURUT ISLAM TAHUN

Rizqiyani, Mutammima (2018) HUBUNGAN FAKTOR EKONOMI TERHADAP PERILAKU IMUNISASI DASAR DI WILAYAH POSYANDU ROSMERAH RW 010 TANAH TINGGI, JAKARTA PUSAT DAN TINJAUANNYA MENURUT ISLAM TAHUN. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
01. COVER.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan Mutammima Rizqiyani 1102014173.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. ABSTRAK DAN KATA KUNCI.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. BAB I.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] Text
09. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB)
[img] Text
13. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB)

Abstract

Latar Belakang: Imunisasi dalam sistem kesehatan nasional adalah salah satu bentuk intervensi kesehatan yang sangat efektif dalam upaya menurunkan angka kematian bayi dan balita. Dasar utama pelayanan kesehatan, bidang preventif merupakan prioritas utama. Ada semakin banyak literatur mengekspos faktor yang terkait dengan imunisasi. Faktor yang mempengaruhi imunisasi anak adalah pendidikan dari pasangan, status kekayaan rumah tangga dan jarak ke fasilitas kesehatan, bersama dengan perbedaan locational dan regional, usia kohort ibu, penggunaan pelayanan antenatal, rencana imunisasi, urutan kelahiran, pekerjaan orang tua, dan jenis kelamin anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan faktor ekonomi terhadap perilaku imunisasi dasar Metode: Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan teknik survei menggunakan kuesioner dan secara study cross sectional. Populasi dan sampel penelitian ini adalah responden yang berkunjung ke Posyandu Rosmerah dan yang berada di Wilayah RW 010 Tanah Tinggi, Jakarta Pusat. yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Sampel dipilih dengan menggunakan purposivel sampling. Pengambilan data dilakukan dengan pengisian kuesioner secara langsung. Analisis data menggunakan uji Chi-Square. Hasil: Dari hasil penelitian terdapat 36 orang (36%) dengan kategori penghasilan keluarga perbulan >UMR sebagian besar melakukan imunisasi dasar lengkap, sedangkan sebanyak 3 orang (3%) melakukan imunisasi dasar tidak lengkap. Lalu terdapat 60 orang (60%) dengan kategori penghasilan keluarga perbulan UMR sebagian besar melakukan imunisasi dasar lengkap, sedangkan sebanyak 1 orang (1%) melakukan imunisasi dasar tidak lengkap. Dari hasil uji statistik menggunakan uji Chi-Square didapatkan nilai P value sebesar 0,132. Simpulan: Tidak ada hubungan antara penghasilan keluarga perbulan (faktor ekonomi) terhadap perilaku imunisasi dasar di wilayah posyandu rosmerah. Sebagaimana yang dikatakan bahwa harta (ekonomi) hanya merupakan titipan dari Allah semata, sebagai ujian keimanan dan sebagai bekal ibadah. Selain itu, imunisasi dalam pandangan islam hukumnya boleh dan tidak terlarang karena imunisasi termasuk penjagaan diri dari penyakit sebelum terjadi sesuai dengan sabda Rasulullah SAW.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-6705-FK
Uncontrolled Keywords: faktor ekonomi, perilaku imunisasi dasar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 03 Jan 2023 02:06
Last Modified: 03 Jan 2023 02:06
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/10351

Actions (login required)

View Item View Item