Yusuf, Raihan Ramadhan (2021) PENGEMBANGAN APLIKASI BAHASA ARAB ALFAZH DENGAN DESAIN ISOMETRIK MELALUI PENDEKATAN GAMIFIKASI BERBASIS ANDROID. Diploma thesis, Universitas YARSI.
|
Text
1-COVER-1402017121.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
4-HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
3-HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
2-ABSTRAK.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
11-BAB 1.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
16-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) | Preview |
|
Text
12-BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) |
||
Text
13-BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (65kB) |
||
Text
14-BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
15-BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (7kB) |
Abstract
Media digital pada zaman sekarang kurang maksimal dalam memberikan pembelajaran,terutamasedikit sekali media pembelajarandalam Bahasa Arab. Meskipun ada itu pun kurang menarik dan terkadang membuat anak-anak bosan saat belajar.Pada zaman sekarangpermainan digitalsangat digemari oleh anak-anak, permainan dengan menggunakan genreadventure atau petualanganlah salah satu nya. Berdasarkanlatar belakang tersebutlah penulis melakukan pengembangan aplikasi belajar Bahasa Arab Alfazhuntuk anak berbasisandroiddengan pendeketan metode gamifikasidan menggunakan desain isometrikuntuk mengatasi permasalahan tersebut.Hasil penelitianmenunjukkan bahwa modelpembelajaran bahasa Arab saat ini telah diaplikasikan di pendidikan tingkat sekolah dasar, namunperformanya masih tidak mencakup karakteristik yang diharapkan. Oleh karena itu, pengembangan modelpembelajaran bahasa Arab dalam pendidikan dasar untuk meningkatkan kemampuan bahasa Arab siswa,kinerja pengajarannya harus memiliki sinergi yang baik antara perwujudan dari semua karakteristikpembelajaran bahasa.Desain isometrik sedang menjadi tren karena kesederhanaan dan karakteristik yang lebih menarik dapat membuat daya tarik anak-anak dalam belajar, secara mudahnya desain isometric dapat sebut dengan metode membuat gambar 3D dengan Teknik 2D.Metode perancangan aplikasi yang digunakan adalah metode Prototypingkarena untuk penelitianini paling cocok dalam proses pengembangan aplikasi Desa Alfazh. Pendekatan gamifikasi diimplementasikan di dalam aplikasi dengan menerapkan unsur-unsur gamifikasi yaitu level, achievement, badges, challenges, reward, point,dan leaderboard. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk berupa aplikasi pembelajaran bahasa Arab berbasis android dengan pendekatan gamifikasidan desain isometrikyang dapat membantu mempermudah proses pembelajaran bahasa Arab.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-762-FTI |
Uncontrolled Keywords: | Bahasa Arab, Mobile Application, Android, Gamification, Isometric |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software T Technology > T Technology (General) |
Depositing User: | RAIHAN YUSUF |
Date Deposited: | 09 Nov 2023 03:37 |
Last Modified: | 09 Nov 2023 03:37 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/10309 |
Actions (login required)
View Item |