Search for collections on Universitas YARSI Repository

ANALISIS PERBANDINGAN RASIO LAPORAN KEUANGAN DALAM MENGUKUR KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DAN TINJAUANNYA DARI SUDUT PANDANG ISLAM : (Studi Pada PT Betonjaya Manunggal, Tbk dan PT Gunawan Dianjaya Steel, Tbk Periode 2009-2018)

Cahyaningsih, Siti (2020) ANALISIS PERBANDINGAN RASIO LAPORAN KEUANGAN DALAM MENGUKUR KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DAN TINJAUANNYA DARI SUDUT PANDANG ISLAM : (Studi Pada PT Betonjaya Manunggal, Tbk dan PT Gunawan Dianjaya Steel, Tbk Periode 2009-2018). Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN SIDANG.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (984kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (413kB) | Preview
[img] Text
9. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (962kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan perbandingan kinerja keuangan perusahaan yang diukur menggunakan analisis rasio keuangan, terdiri dari : rasio likuiditas (Current Ratio, Cash Ratio, Quick Ratio), rasio solvabilitas (Debt to Asset Ratio dan Debt to Equity Ratio), rasio aktivitas (Inventory Turnover Ratio dan Receivable Turnover Ratio), dan rasio profitabilitas (Net Profit Margin, Return on Asset dan Return on Equity). Objek penelitian adalah PT Betonjaya Manunggal, Tbk dan PT Gunawan Dianjaya Steel, Tbk . Jenis Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif. Fokus penelitian adalah laporan keuangan perusahaan yang terdiri dari neraca dan laporan laba-rugi periode tahun 2009-2018. Penelitian dilakukan melalui website resmi Bursa Efek Indonesia (BEI) di situs www.idx.co.id. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menggunakan analisis rasio keuangan. Hasil analisis rasio keuangan yang terdiri dari rasio likuiditas, solvabilitas, aktivitas pada proksi (Inventory Turnover Ratio), dan rasio profitabilitas periode tahun 2009-2018 menunjukkan kinerja keuangan PT Betonjaya Manunggal, Tbk lebih baik dibandingkan dengan PT Gunawan Dianjaya Steel, Tbk. Untuk hasil analisis rasio aktivitas pada proksi (Receivable Turnover Ratio) bahwa PT Gunawan Dianjaya Steel, Tbk lebih baik dibandingkan dengan PT Betonjaya Manunggal, Tbk. Namun, kedua perusahaan belum sesuai dengan standar rasio industri. Serta ditinjau dari sudut pandang islam, perusahaan belum memenuhi syariat Islam secara menyeluruh dalam setiap rasio yang digunakan sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an dan Hadits.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-1369-FE
Uncontrolled Keywords: Kinerja Keuangan, Rasio Keuangan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 16 Nov 2022 01:57
Last Modified: 16 Nov 2022 01:57
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/10269

Actions (login required)

View Item View Item