Rizahan, Zahra Riezma (2021) EVALUASI LAYANAN REFERENSI PADA MASA PANDEMI COVID - 19 DI PERPUSTAKAAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA. Diploma thesis, Universitas YARSI.
Text
1_HALAMAN COVER.pdf Download (427kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (564kB) |
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (338kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (435kB) |
|
Text
BAB I_PENDAHULUAN.pdf Download (747kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (508kB) |
|
Text
BAB II_TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (739kB) |
|
Text
BAB III_METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (942kB) |
|
Text
BAB IV_HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V_TINJAUAN MENURUT ISLAM.pdf Restricted to Registered users only Download (960kB) |
|
Text
BAB VI_KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (614kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Salah satu layanan vital sebuah perpustakaan adalah layanan rujukan. Adanya pandemi Covid – 19 sangat berpengaruh terhadap layanan perpustakaan di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia antara lain pembatasan kapasitas pengunjung dan pemberlakuan protokol kesehatan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui penerapan evaluasi layanan referensi pada masa pandemi Covid – 19 dan melakukan evaluasi layanan referensi pada masa Covid – 19. Untuk mendapatkan hasil evaluasi layanan referensi pada penelitian ini menggunakan panduan dalam mengevaluasi layanan rujukan menurut Bopp dan Linda C.Smith, yang menggunkan 3 komponen evaluasi yang terdiri dari input, process dan outcome. Metode penelitian ini terdiri dari dua metode dengan pendekatan deskriptif, metode tersebut adalah metode kuantitatif yang menggunakan instrumen kuesioner secara online untuk mendapatkan data dari evaluasi layanan referensi pada masa pandemi Covid – 19. Sedangkan metode kualitatif untuk mendapatkan data dari penerapan evaluasi layanan referensi serta penerapan evaluasi layanan referensi virtual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan layanan referensi di masa pandemi ialah adanya kegiatan pelayanan secara fisik namun tetap melaksanakan protokol kesehatan dan membatasi kapasitas pengunjung, adapun penerapan layanan referensi virtual dengan hasil akhir yaitu layanan referensi virtual terdiri dari 2 layanan yiatu layanan Tanya Pustakawan dan layanan e-mail, dimana kedua dari layanan tersebut mengutamakan kepuasan pemustaka dengan mempermudah cara pengaksesan layanan virtual. Hasil akhir penelitian ini untuk kegiatan evaluasi layanan referensi yiatu 4,28 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan evaluasi tersebut dapat disimpulkan bahwa pada masa pandemi Covid – 19 layanan referensi secara fisik maupun layanan referensi virtual Perpustakaan Nasional Republik Indonesia tetap mengutamakan kepuasan pemustaka.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-280-IP |
Uncontrolled Keywords: | Referensi, Rujukan, Virtual, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. |
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) |
Depositing User: | ZAHRA RIZAHAN |
Date Deposited: | 04 Jul 2023 07:00 |
Last Modified: | 04 Jul 2023 07:00 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/9350 |
Actions (login required)
View Item |