Search for collections on Universitas YARSI Repository

HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA DENGAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP TINGKAT STRES, DEPRESI DAN CEMAS MAHASISWA DI FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS YARSI

Fauziyah, Sylvi (2021) HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA DENGAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP TINGKAT STRES, DEPRESI DAN CEMAS MAHASISWA DI FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS YARSI. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (202kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (304kB)
[img] Text
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (793kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (627kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (969kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (839kB)
[img] Text
12. 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)

Abstract

Lingkungan belajar dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal berasal dari dalam diri individu seperti stres, cemas dan depresi. Faktor eksternal berasal dari luar individu salah satunya lingkungan belajar. Perubahan dari lingkungan belajar menjadi salah satu faktor pemicu dari stres, cemas dan depresi yang dapat memengaruhi keberhasilan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi mahasiswa dengan lingkungan belajar terhadap tingkat stres, depresi dan cemas mahasiswa di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas YARSI (FKG UY). Penelitian ini menggunakan desain studi cross sectional dengan metode total sampling terhadap mahasiswa aktif tahun akademik 2019/2020 FKG UY. Penelitian ini menggunakan dua alat ukur Dundee Ready Education Environment (DREEM) dan Depression, Anxiety and Stress Scale (DASS-21). Hasil persepsi mahasiswa mengenai lingkungan belajar adalah lebih banyak hal positif dibandingkan hal negatif (131,55). Hasil nilai rata-rata tingkat stres termasuk kedalam kategori sedang (9,93), nilai rata-rata tingkat depresi termasuk kedalam kategori normal (3,35), dan nilai rata-rata tingkat cemas termasuk dalam kategori normal (1,70). Hasil penelitian uji bivariat menunjukkan hubungan signifikan antara persepsi mahasiswa terhadap lingkungan belajar dengan tingkat stres (p = 0,000), tingkat cemas (p = 0,007), dan tingkat depresi (p = 0,005, p˂0,05). Lingkungan belajar yang baik dapat menurunkan tingkat stres, depresi dan cemas. Berdasarkan perspektif Islam, persepsi mahasiswa terhadap lingkungan belajar yang baik di FKG UY dapat menurunkan tingkat stres, cemas dan depresi, dalam hal ini didasari dengan kecerdasan emosional dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-257-KG
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Belajar, DREEM, Stres, Depresi dan Cemas, DASS-21, Kecerdasan Emosional
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RK Dentistry
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 16 Nov 2021 08:04
Last Modified: 16 Nov 2021 08:04
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/9174

Actions (login required)

View Item View Item