Maulana, Rizki (2019) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELULUSAN OSCE KETERAMPILAN PERESEPAN MENURUT PERSEPSI MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS YARSI ANGKATAN 2015 DAN TINJAUANNYA MENURUT PANDANGAN ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.
Text
COVER.pdf Download (21kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (130kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (16kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (45kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (71kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (28kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (66kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (13kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) |
Abstract
Latar Belakang : OSCE merupakan suatu metode untuk menguji kompetensi klinik (skills lab) yang diuji secara objektif dan terstruktur. OSCE digunakan untuk mengevaluasi keterampilan klinik pada pendidikan kedokteran. Dalam kurikulum FKUY keterampilan peresepan di semester 7. Menurut data base tingkat kelulusan OSCE keterampilan peresepan memiliki tingkat kelulusan yang relative paling rendah di bandingkan dengan keterampilan lainya. Selain itu Islam sangat memperhatikan adanya aspek spiritual dalam proses belajar agar proses belajar dapat juga bernilai ibadah dan dapat menambah keberkahan didalam proses tersebut Tujuan: Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kelulusan OSCE keterampilan peresepan menurut perspektif mahasiswa Fakultas Kedokteran YARSI. Metode: Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif analitik secara cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas kedokteran YARSI angkatan 2015. Pemilihan sampel menggunakan total sampling. Dengan syarat memenuhi kriteria inklusi. Analisis data dengan menggunakan Chi-Square dilanjutkan uji regresi linier. Hasil: Hasil analisis uji statistik Chi-Square menunjukan terdapat hubungan antara alokasi waktu ujian, sarana prasarana dalam hal skenario soal dan penguji dalam hal penguasaan materi dengan kelulusan OSCE (P-value < 0,05). Hasil dari uji regresi linier didapatkan faktor yang paling mempengaruhi hasil OSCE adalah alokasi waktu ujian (P-value=0,013). Simpulan : Terdapat hubungan antara sarana prasarana dalam hal skenario soal, penguji dalam hal penguasaan materi, dan alokasi waktu ujian dengan hasil kelulusan OSCE. Faktor paling dominan yang berpengaruh terhadap kelulusan OSCE adalah Alokasi waktu ujian. Proses belajar menurut konsep Islam adalah melatih, menggunakan, memfungsikan serta mengoptimalkan fungsi macam-macam alat indera yang telah dianugrahkan oleh Allah secara integral dalam berbagai aspek kehidupan sebagai manifestasi dari syukur kepada-Nya. Saran: Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas YARSI sebaiknya lebih mempersiapkan diri dalam menghadapi OSCE, dan harus berlatih berulang kali agar mendapat hasil yang memuaskan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-7190-FK |
Uncontrolled Keywords: | OSCE, Sarana prasarana, Kelulusan OSCE |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education R Medicine > R Medicine (General) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 06:44 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 06:44 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/13977 |
Actions (login required)
View Item |