Search for collections on Universitas YARSI Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELULUSAN OSCE KETERAMPILAN PERESEPAN MENURUT PERSEPSI MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS YARSI ANGKATAN 2015 DAN TINJAUANNYA MENURUT PANDANGAN ISLAM

Maulana, Rizki (2019) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELULUSAN OSCE KETERAMPILAN PERESEPAN MENURUT PERSEPSI MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS YARSI ANGKATAN 2015 DAN TINJAUANNYA MENURUT PANDANGAN ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (21kB)
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN.pdf] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (16kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)

Abstract

Latar Belakang : OSCE merupakan suatu metode untuk menguji kompetensi klinik (skills lab) yang diuji secara objektif dan terstruktur. OSCE digunakan untuk mengevaluasi keterampilan klinik pada pendidikan kedokteran. Dalam kurikulum FKUY keterampilan peresepan di semester 7. Menurut data base tingkat kelulusan OSCE keterampilan peresepan memiliki tingkat kelulusan yang relative paling rendah di bandingkan dengan keterampilan lainya. Selain itu Islam sangat memperhatikan adanya aspek spiritual dalam proses belajar agar proses belajar dapat juga bernilai ibadah dan dapat menambah keberkahan didalam proses tersebut Tujuan: Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kelulusan OSCE keterampilan peresepan menurut perspektif mahasiswa Fakultas Kedokteran YARSI. Metode: Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif analitik secara cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas kedokteran YARSI angkatan 2015. Pemilihan sampel menggunakan total sampling. Dengan syarat memenuhi kriteria inklusi. Analisis data dengan menggunakan Chi-Square dilanjutkan uji regresi linier. Hasil: Hasil analisis uji statistik Chi-Square menunjukan terdapat hubungan antara alokasi waktu ujian, sarana prasarana dalam hal skenario soal dan penguji dalam hal penguasaan materi dengan kelulusan OSCE (P-value < 0,05). Hasil dari uji regresi linier didapatkan faktor yang paling mempengaruhi hasil OSCE adalah alokasi waktu ujian (P-value=0,013). Simpulan : Terdapat hubungan antara sarana prasarana dalam hal skenario soal, penguji dalam hal penguasaan materi, dan alokasi waktu ujian dengan hasil kelulusan OSCE. Faktor paling dominan yang berpengaruh terhadap kelulusan OSCE adalah Alokasi waktu ujian. Proses belajar menurut konsep Islam adalah melatih, menggunakan, memfungsikan serta mengoptimalkan fungsi macam-macam alat indera yang telah dianugrahkan oleh Allah secara integral dalam berbagai aspek kehidupan sebagai manifestasi dari syukur kepada-Nya. Saran: Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas YARSI sebaiknya lebih mempersiapkan diri dalam menghadapi OSCE, dan harus berlatih berulang kali agar mendapat hasil yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-7190-FK
Uncontrolled Keywords: OSCE, Sarana prasarana, Kelulusan OSCE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 25 Nov 2024 06:44
Last Modified: 25 Nov 2024 06:44
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/13977

Actions (login required)

View Item View Item