Search for collections on Universitas YARSI Repository

HUBUNGAN HAMBATAN DALAM PEMBELAJARAN DAN NILAI UJIAN BLOK PADA MAHASISWA UNIVERSITAS YARSI FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI ANGKATAN 2019 DAN ANGKATAN 2020

Ningsih, Dealiyanti Saraya (2022) HUBUNGAN HAMBATAN DALAM PEMBELAJARAN DAN NILAI UJIAN BLOK PADA MAHASISWA UNIVERSITAS YARSI FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI ANGKATAN 2019 DAN ANGKATAN 2020. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (35kB)
[img] Text
3. HALAMAN PENGESAHN.pdf

Download (431kB)
[img] Text
2. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (423kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (55kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img] Text
14. LAMIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (856kB)

Abstract

Latar belakang: Hambatan dalam pembelajaran merupakan salah satu halangan yang akan memperlambat fokus usaha dalam menerima pengetahuan, sedangkan nilai akademik adalah salah satu komponen penting dalam dunia pendidikan karena hal tersebut dapat digunakan sebagai bentuk mengidentifikasi level kompetensi mahasiswa. Manusia dalam menjalani kehidupan akan selalu diuji oleh Allah SWT dengan berbagai hambatan dan ujian. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan hambatan pembelajaran terhadap nilai ujian blok 18 dan blok 10 pada mahasiswa FKG YARSI angkatan 2019 dan 2020 serta untuk mengetahui pandangan Islamnya. Metode: Jenis penelitian ini adalah analitik korelasi dengan desain penelitian cross sectional. Jumlah responden penelitian ini 76 responden dengan menggunakan metode total sampling. Pengambilan data dilakukan melalui googleform dan data dianalisis dengan uji korelasi spearman dan uji regresi. Hasil: Hasil uji korelasi menunjukkan terdapat hubungan linier negatif yang sangat kuat yang bermakna (signifikan) antara hambatan pembelajaran angkatan 2019 dan 2020 dengan nilai ujian blok 18 dan blok 10 p=0.000 (p<0.05) dengan koefisien korelasi r=-0.957 dan -0.965. Hasil uji regresi menunjukan R Square 0.819 dan 0.832. Kesimpulan: Terdapat hubungan sangat kuat yang bermakna antara hambatan pembelajaran angkatan 2019 dan 2020 dengan nilai ujian blok 18 dan blok 10, hambatan faktor internal dapat mempengaruhi nilai ujian blok sebesar 82% sedangkan hambatan faktor eksternal dapat mempengaruhi nilai ujian blok sebesar 83%. Dari perspektif Islam bahwa mahasiswa dalam menjalani proses pembelajaran harus bisa menghadapi masalah yang sedang dialaminya. Tiga hal yang dapat dilakukan dalam proses belajar yaitu fil jiddi (bersungguh-sungguh), al muwazobah (terus menerus bersungguh-sungguh) dan al muzallimah (komitmen dalam menuntut ilmu).

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-273-KG
Uncontrolled Keywords: Hambatan, pembelajaran, internal, eksternal, mahasiswa, nilai, blok, fil jiddi, al muwazobah, al muzallimah.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
R Medicine > RK Dentistry
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 30 Sep 2022 07:04
Last Modified: 30 Sep 2022 07:04
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/9925

Actions (login required)

View Item View Item