Ningsih, Dealiyanti Saraya (2022) HUBUNGAN HAMBATAN DALAM PEMBELAJARAN DAN NILAI UJIAN BLOK PADA MAHASISWA UNIVERSITAS YARSI FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI ANGKATAN 2019 DAN ANGKATAN 2020. Diploma thesis, Universitas YARSI.
Text
1. COVER.pdf Download (35kB) |
|
Text
3. HALAMAN PENGESAHN.pdf Download (431kB) |
|
Text
2. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (423kB) |
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (55kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (301kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) |
|
Text
9. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) |
|
Text
10. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
|
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) |
|
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) |
|
Text
14. LAMIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (856kB) |
Abstract
Latar belakang: Hambatan dalam pembelajaran merupakan salah satu halangan yang akan memperlambat fokus usaha dalam menerima pengetahuan, sedangkan nilai akademik adalah salah satu komponen penting dalam dunia pendidikan karena hal tersebut dapat digunakan sebagai bentuk mengidentifikasi level kompetensi mahasiswa. Manusia dalam menjalani kehidupan akan selalu diuji oleh Allah SWT dengan berbagai hambatan dan ujian. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan hambatan pembelajaran terhadap nilai ujian blok 18 dan blok 10 pada mahasiswa FKG YARSI angkatan 2019 dan 2020 serta untuk mengetahui pandangan Islamnya. Metode: Jenis penelitian ini adalah analitik korelasi dengan desain penelitian cross sectional. Jumlah responden penelitian ini 76 responden dengan menggunakan metode total sampling. Pengambilan data dilakukan melalui googleform dan data dianalisis dengan uji korelasi spearman dan uji regresi. Hasil: Hasil uji korelasi menunjukkan terdapat hubungan linier negatif yang sangat kuat yang bermakna (signifikan) antara hambatan pembelajaran angkatan 2019 dan 2020 dengan nilai ujian blok 18 dan blok 10 p=0.000 (p<0.05) dengan koefisien korelasi r=-0.957 dan -0.965. Hasil uji regresi menunjukan R Square 0.819 dan 0.832. Kesimpulan: Terdapat hubungan sangat kuat yang bermakna antara hambatan pembelajaran angkatan 2019 dan 2020 dengan nilai ujian blok 18 dan blok 10, hambatan faktor internal dapat mempengaruhi nilai ujian blok sebesar 82% sedangkan hambatan faktor eksternal dapat mempengaruhi nilai ujian blok sebesar 83%. Dari perspektif Islam bahwa mahasiswa dalam menjalani proses pembelajaran harus bisa menghadapi masalah yang sedang dialaminya. Tiga hal yang dapat dilakukan dalam proses belajar yaitu fil jiddi (bersungguh-sungguh), al muwazobah (terus menerus bersungguh-sungguh) dan al muzallimah (komitmen dalam menuntut ilmu).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-273-KG |
Uncontrolled Keywords: | Hambatan, pembelajaran, internal, eksternal, mahasiswa, nilai, blok, fil jiddi, al muwazobah, al muzallimah. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) R Medicine > RK Dentistry |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id |
Date Deposited: | 30 Sep 2022 07:04 |
Last Modified: | 30 Sep 2022 07:04 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/9925 |
Actions (login required)
View Item |