MUDZALIFAH, RIZMA (2017) PREVALENSI GEJALA SINDROMA TEROWONGAN KARPAL PADA PEMAIN GAME ONLINE DAN TINJAUANNYA MENURUT ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.
Text
01. COVER.pdf Download (19kB) |
|
Text
02.LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (182kB) |
|
Text
04. ABSTRAK DAN KATA KUNCI.pdf Download (191kB) |
|
Text
07. BAB 1.pdf Download (320kB) |
|
Text
08. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) |
|
Text
09. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (673kB) |
|
Text
10. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (853kB) |
|
Text
11. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (680kB) |
|
Text
12. BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (317kB) |
Abstract
Latar Belakang: Sindroma Terowongan Karpal (STK) merupakan salah satu gangguan ekstremitas atas disebabkan oleh penyempitan pada terowongan karpal sehingga terjadi penekanan terhadap nervus medianus yang terletak pada pergelangan tangan. Sindroma Terowongan Karpal merupakan salah satu jenis cumulative trauma disorders (CTD) yang paling cepat menimbulkan gejala pada pekerja. Terdapat banyak faktor fisik lain pada tangan yang dapat berpengaruh terhadap kondisi tersebut beberapa diantaranya seperti, gerakan berulang, kekuatan, postur, getaran, lingkungan, dan tekanan. Gejala awal yang sering didapatkan dari STK adalah rasa nyeri, rasa parestesia atau baal dan rasa seperti terkena aliran listrik (tingling) pada daerah yang dipersarafi oleh nervus medianus. Pada pemain game online seiring dengan penggunaan yang intensif akan berpotensi terjadinya Sindroma Terowongan Karpal. Menurut Islam, sebagai umat muslim harus bisa mengoptimalkan waktu dengan kegiatan yang bermanfaat dan selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prevalensi gejala Sindroma Terowongan Karpal yang terjadi pada pemain game online dan tinjaunnya menurut Islam. Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kategorik dengan teknik survey secara cross sectional. Populasi dan sampel adalah laki-laki pemain game online usia 14-30 tahun dikelurahan Sumur Batu Jakarta Pusat. Sampel dipilih dengan menggunakan Simple Random Sampling. Pengambilan data dilakukan dengan cara survey dan pengisian kuisioner. Analisis data dilakukan dengan Rumus Prevalensi. Hasil: Terdapat 29% prevalensi orang yang memililki gejala Sindroma Terowongan Karpal pada pemain game online dengan usia terbanyak 22-30 tahun (54%), adanya keluhan pada pergelangan tangan (66%) dengan rasa parastesia (64%), dan keluhannya paling banyak pada tangan kanan dikarenakan adanya pengulangan pada tangan tersebut. Simpulan: Prevalensi gejala Sindroma Terowongan Karpal pada pemain games online di warung internet daerah Sumur Batu sebanyak 29 % dengan karakterisik keluhan yang paling sering adalah parastesi (kesemutan) pada pergelangan tangan yang ketika digerakkan rasa parastesinya akan menghilang. Menurut Islam, sebagai umat muslim harus bisa mengoptimalkan waktu dengan kegiatan yang bermanfaat dan selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kata Kunci: Sindroma Terowongan Karpal, Game Online
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-6313-FK |
Uncontrolled Keywords: | Sindroma Terowongan Karpal, Game Online |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id |
Date Deposited: | 22 Oct 2021 02:58 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 02:58 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/9159 |
Actions (login required)
View Item |