Search for collections on Universitas YARSI Repository

Hubungan Perceived Teacher’s Support dengan School Well-Being pada siswa Sekolah Menengah Atas di Jakarta Serta Tinjauannya Menurut Islam.

Budiman, Annisa Dinda (2018) Hubungan Perceived Teacher’s Support dengan School Well-Being pada siswa Sekolah Menengah Atas di Jakarta Serta Tinjauannya Menurut Islam. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of 9. ABSTRAK.pdf] Text
9. ABSTRAK.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 20. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 14. BAB 1.pdf] Text
14. BAB 1.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 15. BAB 2.pdf] Text
15. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[thumbnail of 16. BAB 3.pdf] Text
16. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[thumbnail of 17. BAB 4.pdf] Text
17. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[thumbnail of 18. BAB 5.pdf] Text
18. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[thumbnail of 19. BAB 6.pdf] Text
19. BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)

Abstract

School Well-Being adalah persepsi siswa terhadap keadaan sekolah yang dilihat dari keempat dimensi yaitu having, loving, being, dan health untuk memenuhi kebutuhan dasar siswa. Kesejahteraan siswa disekolah bermanfaat untuk membantu menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dan tercapainya pembelajaran itu sendiri. Siswa juga akan lebih berkontribusi dalam keunggulan akademik, perkembangan sosial, dan emosionalnya. Dukungan guru bisa menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi school well-being karena siswa lebih banyak menghabiskan setengah waktunya di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan perceived teacher’s support dengan school well-being. Subjek dalam penelitian ini adalah 119 siswa SMA (66% perempuan, 34% laki-laki) dengan rata-rata usia 16 tahun sampai 18 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif non-eksperimental dengan menggunakan kuesioner School Well-Being Scale dan Perceived Teacher’s Support Scale. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga dimensi dari school well-being yaitu loving, being, health memiliki hubungan positif yang signifikan dengan perceived teacher’s support. Sementara itu, dimensi health dari school well-being tidak memiliki hubungan dengan perceived teacher’s support. Sejalan dengan pandangan islam tolong menolong pada hubungan antara manusia dengan sesama manusia merupakan perilaku yang mulia dalam Islam. Dalam hal ini, tolong menolong yang digunakan adalah dukungan yang diberikan guru kepada muridnya. Penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi sekolah agar dapat meningkatkan kesejahteraan siswa di sekolah dengan menggunakan dukungan guru untuk muridnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-278-Psi
Uncontrolled Keywords: School Well Being, Perceived Teacher’s Support, Siswa Sekolah Menengah Atas.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 04 Oct 2021 06:19
Last Modified: 04 Oct 2021 06:19
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/9142

Actions (login required)

View Item View Item