Search for collections on Universitas YARSI Repository

Virtual Reality Sebagai Penginduksian Emosi Negatif di Indonesia Serta Tinjauannya Dalam Islam

Ali, Fachry (2020) Virtual Reality Sebagai Penginduksian Emosi Negatif di Indonesia Serta Tinjauannya Dalam Islam. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
1. Cover - Fachry Ali.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan - Fachry Ali.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak - Fachry Ali.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. Bab I - Fachry Ali.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
19. Daftar Pustaka - Fachry Ali.pdf

Download (383kB) | Preview
[img] Text
14. Bab II - Fachry Ali.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img] Text
15. Bab III - Fachry Ali.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text
16. Bab IV - Fachry Ali.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
17. Bab V - Fachry Ali.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB)
[img] Text
18. Bab VI - Fachry Ali.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)

Abstract

Emosi merupakan motif penggerak dalam menjalani kehidupan bagi manusia. Penginduksian emosi diperlukan untuk memahami efek perilaku dan penentu neurobiologis emosi manusia. Penginduksian emosi dapat dilakukan dengan berbagai macam metode, salah satunya dengan virtual reality. Penelitian ini bertujuan menguji keefektifan virtual reality sebagai alat menginduksi emosi negatif pada responden di Indonesia. Partisipan penelitian berjumlah 20 mahasiswa dengan rentang usia 18-25 tahun. Manipulasi emosi dalam penelitian menggunakan metode menonton video immersive untuk menginduksi emosi negatif yang diukur dengan skala Emotional Baseline. Hipotesa penelitian diuji dengan menggunakan teknik statistik Paired Sampel T test dan Wilcoxon Signed-rank test. Hasil uji hipotesa menunjukan bahwa virtual reality dapat menginduksi emosi negatif dari kelima emosi yang diujkan, hanya emosi marah yang mendapat hasil signifikan antara sebelum dan sesudah eskperimen. Oleh karena itu, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai suatu rujukan database video immersive dalam penelitian penginduksian emosi menggunakan virtual reality. Disamping itu, terdapat kesesuaian hasil penelitian utama dengan pandangan Islam bahwa virtual reality bermanfaat untuk kemajuan teknologi terutama sebagai media untuk menuntut ilmu. Kata kunci: Emosi negatif, Penginduksian emosi, Virtual reality

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-359-PSI
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 13 Jun 2021 15:12
Last Modified: 13 Jun 2021 15:12
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/9006

Actions (login required)

View Item View Item