Search for collections on Universitas YARSI Repository

Peran Regulasi Emosi Terhadap Perilaku Cyberbullying Pada Remaja di Jabodetabek serta Tinjuannya dalam Islam

Sidabutar, Nur Ainun (2020) Peran Regulasi Emosi Terhadap Perilaku Cyberbullying Pada Remaja di Jabodetabek serta Tinjuannya dalam Islam. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
1. Cover_Nur Ainun Sidabutar.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Lembar Pengesahan_Nur Ainun Sidabutar - 1.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak_Nur Ainun S.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. Bab 1_Nur Ainun Sidabutar.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
19. Daftar Pustaka_Nur Ainun Sidabutar.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text
14. Bab 2_ Nur Ainun Sidabutar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text
15. Bab 3_Nur Ainun Sidabutar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB)
[img] Text
16. Bab 4_Nur Ainun Sidabutar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
17. Bab 5_Nur Ainun Sidabutar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[img] Text
18. Bab 6_Nur Ainun Sidabutar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)

Abstract

Seiring dengan berkembangnya penggunaan media sosial, maka semakin meningkatnya perilaku cyberbullying. Hal itu diperkuat dengan data Polda Metro Jaya yang mengungkapkan bahwa setidaknya terdapat 25 kasus cyberbullying yang dilaporkan setiap harinya, hal serupa terjadi pada angka korban cyberbullying yang terus meningkat. Cowie & Jennifer (2008) menyebutkan salah satu penyebab perilaku cyberbullying adalah rendahnya regulasi emosi. Sementara itu, korban cyberbullying yang seringkali memendam emosi marahnya, justru memicu untuk melakukan cyberbullying kepada individu yang dianggap lebih lemah. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian ini dengan tujuan melihat peran antara regulasi emosi dengan perilaku cyberbullying pada remaja di JABODETABEK. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian asosiatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 412 partisipan dengan karakteristik, yaitu (1) remaja berusia 11-20 tahun, (2) berdomisili di JABODETABEK, (3) aktif menggunakan media sosial dalam 6 bulan terakhir. Dalam penelitian ini, alat ukur yang digunakan yaitu skala ERQ-CA (Emotion Regulation Questionnaire-Child and Adolescent) untuk mengukur regulasi emosi dan skala CBQ (Cyberbullying Questionnaire) yang terbagi menjadi cyberbullying for perpetration dan cyberbullying for victimization. Data penelitian ini tidak memenuhi uji asumsi untuk uji regresi namun dilakukan uji korelasi dan didapatkan hasil bahwa regulasi emosi strategi expressive suppression memiliki hubungan negatif signifikan dengan cyberbullying for perpetration (r=- .104, p<0.05). Menurut pandangan Islam, expressive suppression tidak memiliki peran dengan cyberbullying for perpetration. Kata Kunci: Regulasi Emosi; Perundungan Siber

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-356-PSI
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 13 Jun 2021 14:52
Last Modified: 13 Jun 2021 14:52
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/9003

Actions (login required)

View Item View Item