Search for collections on Universitas YARSI Repository

PERBANDINGAN KINERJA PROTOKOL ROUTING PROAKTIF (DSDV), REAKTIF (AODV), DAN HYBRID PADA KOMUNIKASI ANTARA VEHICULAR AD-HOC NETWORKS (VANET) DENGAN FLYING AD-HOC NETWORKS (FANET)

Fiis, Radhina Oneng Thasana (2020) PERBANDINGAN KINERJA PROTOKOL ROUTING PROAKTIF (DSDV), REAKTIF (AODV), DAN HYBRID PADA KOMUNIKASI ANTARA VEHICULAR AD-HOC NETWORKS (VANET) DENGAN FLYING AD-HOC NETWORKS (FANET). Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
Laporan Skripsi Ilmu_Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Laporan Skripsi Ilmu_Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Laporan Skripsi Ilmu_Halaman Pengesahaan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Laporan Skripsi Ilmu_BAB 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Laporan Skripsi Ilmu_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Laporan Skripsi Ilmu_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Laporan Skripsi Ilmu_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Laporan Skripsi Ilmu_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kecelakaan lalu lintas merupakan salah satu masalah yang dihadapi oleh negara berkembang seperti yang terjadi di Indonesia dan daerah perkotaan yang padat. Beberapa peneliti menemukan solusi untuk mengatasi masalah di atas dengan cara menggabungkan jaringan FANET dan VANET, didasarkan pada pemantauan kendaraan dan kepadatan lalu lintas. Pada penelitian ini penulis menguji perbandingan kinerja FANET dan VANET yang digabungkan menggunakan simulator NS-2. Pengujian dilakukan dengan membandingkan ke tiga protokol yaitu Ad-Hoc On-Demand Deistance Vector (AODV), Destination Sequence Distance Vector (DSDV), Hybrid. Model pergerakan node yang digunakan untuk FANET adalah Random Way Point dan untuk VANET menggunakan model pergerakan Manhattan Grid yang disimulasikan dalam satu skenario. Parameter pengujian yang digunakan dalam jaringan tersebut adalah end to end, throughput, dan packet delivery ratio. Hasil dari pengujian simulasi dengan menggunakan protokol routing AODV pada jaringan FANET dan VANET dengan parameter pengujian end to end delay pada jumlah node 20 merupakan paling rendah dibandingkan yang lainya, lalu pada throughput hasil yang paling tinggi terdapat pada jumlah node 10 dibandingkan pada node-node lainya. Pada packet delivery ratio didapatkan hasil paling tinggi terdapat pada node 10. Pada jaringan FANET dan VANET pada protokol DSDV dengan parameter pengujian end to end delay pada jumlah node 20 merupakan paling rendah dibandingkan yang lainya, lalu pada throughput hasil yang paling tinggi terdapat pada jumlah node 10 dibandingkan pada node-node lainya. Pada packet delivery ratio didapatkan hasil paling tinggi terdapat pada node 10. . Pada jaringan FANET dan VANET pada protokol ZRP dengan parameter pengujian end to end delay pada jumlah node 10 merupakan paling rendah dibandingkan yang lainya, lalu pada throughput hasil yang paling tinggi terdapat pada jumlah node 10 dibandingkan pada node-node lainya. Pada packet delivery ratio didapatkan hasil paling tinggi terdapat pada node 10.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-700-FTI
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 04 May 2021 03:27
Last Modified: 04 May 2021 03:27
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/8972

Actions (login required)

View Item View Item